Para siswa di Todowongi Jailolo nekat menyeberangi sungai ke sekolah

id Babinsa teladan, Babinsa Jailolo, Babinsa bantu masyarakat

Para siswa di Todowongi Jailolo nekat menyeberangi sungai ke sekolah

Babinsa Koramil 1501-03/Jailolo Kodim 1501/Ternate Kopda Mario Gino membantu sejumlah siswa di Todowongi Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), menyeberangi sungai untuk bersekolah, Rabu (31/1/2024). ANTARA/HO-Kodim 1501 Ternate

Ternate (ANTARA) - Babinsa hampir setiap hari membantu sejumlah siswa di Todowongi Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) menyeberangi sungai di desa setinggi 1 meter sebagai jalan pintas ke sekolah mereka.

Dandim 1501/Ternate Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono di Ternate, Rabu membenarkan ada Babinsa dari Koramil 1501-03/Jailoloyang sukarela membantu siswa sekolah dasar menyeberangi sungai karena jalur itu merupakan jalan pintas dibanding memutar sejauh 1,3 kilometer.

"Saya instruksikan kepada seluruh personel, terutama Babinsa terutama musim penghujan harus memberikan bantuan dibutuhkan warga seperti saat menyeberangi sungai untuk menjalani aktivitas sehari-hari," katanya.

Menurut dia, apa yang dilakukan Babinsa Kopda Mario Gino itu merupakan tugas sebagai aparat teritorial yang berperan aktif membantu masyarakat di dalam wilayah binaannya.

"Ini  menunjukkan bahwa kebaikan bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimanapun. Melalui aksi kecil ini, dia telah memperlihatkan peran seorang Babinsa," katanya.

Ia menjelaskan, akibat hujan pada akhir-akhir ini menyebabkan sungai bertambah dalam yang menyulitkan aktivitas warga khususnya para pelajar Sekolah Dasar (SD) pada saat berangkat dan pulang sekolah. 

Aksi sukarela Babinsa itu mendapat apresiasi dari sejumlah masyarakat karena bisa mencegah terjadinya kecelakaan saat air sungai meluap.