Menteri PUPR ajak negara Mediterania hadiri World Water Forum Bali

id menteri pupr,ajak,negara mediterania,hadiri,world water forum,bali

Menteri PUPR ajak negara Mediterania hadiri World Water Forum Bali

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. ANTARA/HO - Kementerian PUPR

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak Tunisia dan negara-negara di Kawasan Mediterania untuk berpartisipasi dalam World Water Forum ke-10 di Bali pada Mei 2024.

“Tunisia dan negara-negara Mediterania lainnya memiliki peran penting dalam proses regional dan telah membuat kontribusi yang signifikan dalam World Water Forum ke-10 yang akan dilaksanakan di Bali pada Mei 2024,” ujar Basuki di Jakarta, Selasa.

Basuki mengatakan, saat ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR bersama dengan World Water Council tengah menyiapkan Ministrial Declaration, yang telah dibahas dalam 1st Preparatory Meeting di UNESCO Headquarters di Paris, Prancis, akhir Januari 2024.

“Deklarasi ini akan menjadi dokumen yang menggabungkan komitmen kolektif dari berbagai negara, termasuk dari Kawasan Mediterania. Deklarasi bertujuan untuk menghasilkan komitmen atas tindakan nyata dan solusi inovatif yang akan berkaitan dengan Deklarasi Tunis yang kita sepakati hari ini,” katanya.



Dalam Ministerial Declaration tersebut, disepakati pembahasan mengenai 6 sub-tema World Water Forum ke-10 yang meliputi keamanan dan kesejahteraan air, air untuk manusia dan alam, pengurangan dan pengelolaan risiko bencana, tata kelola pemerintahan, kerja sama dan hidro-diplomasi, pembiayaan air berkelanjutan, serta pengetahuan dan inovasi.

“Kami sangat terbuka dan mengharapkan masukan dari The 5th Mediterranean Water Forum ini, khususnya mengenai isu-isu penting dari Deklarasi Tunis. Seluruh masukan tersebut akan kami pertimbangkan dalam penyempurnaan dari draft pertama Ministerial Declaration, serta akan dibahas dalam 2nd Preparatory Meeting pada 28-29 Maret 2024 yang akan datang di Paris,” ujar Basuki.

100 hari jelang penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali, Indonesia, 18-25 Mei 2024,  Basuki Hadimuljono hadir dalam serangkaian kegiatan The 5th Mediterranean Water Forum yang diselenggarakan di Tunis, Tunisia.

Basuki mendapatkan kehormatan untuk menyampaikan sambutan pada Opening Ceremony The 5th Mediterranean Water Forum. Basuki berterima kasih kepada Pemerintah Tunisia atas dukungannya yang penuh kepada Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum ke-10.



Menurut Basuki, The 5th Mediterranean Water Forum merupakan capaian yang sangat penting dalam menyambut penyelenggaraan World Water Forum ke-10.

Ia  mengapresiasi penyelenggaraan forum yang selaras dengan tema utama dan 6 sub-tema World Water Forum ke-10, khususnya dalam upaya mencari solusi terhadap kelangkaan air, pembiayaan air inovatif, transfer teknologi dan peningkatan kapasitas dalam pengelolaan air.

Dia juga mengundang para delegasi yang hadir dalam The 5th Mediterranean Water Forum, untuk dapat hadir dan berpartisipasi aktif dalam World Water Forum ke-10.

Menurut Menteri Basuki, World Water Forum ke-10 merupakan platform diskusi yang akan menyatukan komitmen dari negara-negara di seluruh dunia untuk meningkatkan keberlanjutan air.

“Dimulai dari The 5th Mediterranean Water Forum, kami berharap World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan pada Mei 2024 mendatang dapat menjadi forum yang sangat baik untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan sumber daya air dan memperkuat komitmen komunitas air global,” kata Basuki.