Menpora: Persiapan arena PON XXI sesuai progres

id PON XXI,PON Aceh-Sumut,Menpora Dito Ariotedjo,persiapan PON,olahraga Indonesia,kompetisi olahraga Indonesia

Menpora: Persiapan arena PON XXI sesuai progres

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kedua kiri) bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (ketiga kiri) saat meninjau venue PON XXI di Sumatera Utara, Jumat (16/2/2024). (ANTARA/HO-Humas Kemenpora)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan persiapan arena untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara terus berjalan sesuai dengan progres yang direncanakan.

"Semua (pembangunan arena) berjalan baik dan sesuai progres," kata Dito seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora di Jakarta, Minggu.

Menpora Dito Ariotedjo bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy telah melihat langsung progres pembangunan arena untuk PON XXI/2024 Aceh dan Sumatera Utara pada Jumat (16/2).

Pembangunan arena atletik dan stadion utama di Sumatera Utara sudah mencapai 30 persen sehingga kedua menteri itu optimistis bisa selesai pada Juli.

PON XXI akan mempertandingkan sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin olahraga, dan 602 nomor pertandingan.

Kabupaten Deli Serdang menjadi lokasi terbanyak memainkan cabang olahraga pada kompetisi olahraga nasional empat tahunan tersebut yaitu atletik, balap sepeda road race, berkuda, bermotor, voli, boling, bulu tangkis, cricket, barongsai, drumband, gateball, hockey, ju-jitsu, karate, senam, futsal, squash, taekwondo, wushu, dan pencak silat.



Sementara Kota Medan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara akan menjadi saksi pertarungan kabaddi, tinju, esport, dance sport, akuatik, BMX, biliar, binaraga, golf dan tenis meja. Di Kabupaten Karo akan berlangsung pertandingan balap sepeda MTB (sepeda gunung).

Selain itu, Kabupaten Serdang Bedagai akan menyajikan pertandingan bola voli pasir, Kota Siantar akan memainkan pertandingan kick boxing serta Kabupaten Toba juga akan memainkan pertandingan ski air.

Pertarungan untuk cabang olahraga gulat akan berlangsung di Kota Binjai, cabang olahraga sambo akan digelar di Kabupaten Langkat, dan renang kategori renang perairan terbuka akan berlangsung di Kabupaten Simalungun.