Fajar/Rian siap tampil lepas dan maksimal di All England 2024

id Fajar alfian/muhammad rian ardianto,fajar/rian,all england 2024,all england,all england open,all england open 2024,pbsi

Fajar/Rian siap tampil lepas dan maksimal di All England 2024

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat melakoni sesi latihan jelang All England Open 2024 di Birmingham, Inggris, Senin (11/3/2024). (ANTARA/HO/PP PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengatakan siap untuk tampil lepas dan maksimal pada turnamen All England Open 2024 yang bergulir di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, 12-17 Maret.

Adapun Fajar/Rian, yang merupakan juara All England Open 2023, melanjutkan, penting untuk menjaga fokus agar tujuan tersebut bisa tercapai di turnamen pengumpulan poin kuaifikasi Olimpiade 2024 Paris tersebut.

“Tidak ada beban yang terlalu tinggi (menjadi juara bertahan). Kami mau fokus untuk tampil all out di setiap pertandingan nanti,” kata Fajar, dikutip dari keterangan resmi PP PBSI, Selasa.

Pasangan yang akrab disapa FajRi itu pun telah melakukan serangkaian latihan fisik, teknis, dan mental bersama tim, pelatih, dan para wakil Indonesia lainnya.

Atmosfer yang berbeda di arena menjadi hal yang familier, tapi juga baru bagi Fajar/Rian. Pasalnya, pada edisi kali ini, All England Open melapisi lapangan dengan karpet warna abu-abu.

“Magis dan atmosfer All England memang berbeda, tadi saat coba lapangan langsung terasa. Apalagi dengan warna karpet abu-abu, pertama kali ini agak aneh, mungkin karena belum terbiasa,” ujar Fajar.

Di sisi lain, All England Open 2024 menjadi edisi ke-125 dari turnamen bulu tangkis paling tua di dunia ini. Pelaksanaannya bertepatan dengan pekan pertama bulan Ramadhan, yang mulai ditunaikan umat Muslim mulai hari ini.

“Sudah menjadi risiko kami sebagai atlet, saat Ramadhan jauh dari rumah dan keluarga,” kata Fajar.

“Meskipun sedih, tapi harus dijalani apalagi tugas ini demi mengharumkan nama Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Selain Fajar/Rian, Indonesia menurunkan tiga pasangan lainnya di sektor ganda putra. Ada juara All England 2022 Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, juara All England 2019 Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan juara bertahan Indonesia Masters Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Lebih lanjut, pada sektor tunggal putra dan putri, ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Gregoria Mariska Tunjung.

Sementara pada sektor ganda putri dan campuran, ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.