Damkar Palu bantu penanganan banjir bandang di Sigi

id Banjir bandang, banjir, Sigi, hidrometeorologi, desa Balongga, damkar palu, Pemkotpalu, Sulteng

Damkar Palu bantu penanganan banjir bandang di Sigi

Personel Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Palu membersihkan sisa-sisa material lumpur di salah satu sekolah yang terdampak banjir di Desa Balongga Kabupaten Sigi, Kamis (18/4/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Palu mengerahkan personel guna membantu penanganan banjir bandang yang melanda Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Rabu (17/4) malam.
 
"Kami mengerahkan tujuh personel untuk membantu proses evakuasi warga dan penanganan dampak banjir," kata Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, Yohan Wahyudi, di Palu, Kamis.
 
Ia menjelaskan tujuh personel yang dikerahkan dilengkapi peralatan. Mereka bergabung dengan personel lain di lapangan melakukan proses pembersihan material yang terbawa banjir.
 
Dilaporkan sekitar 73 rumah penduduk di Desa Balongga, Kabupaten Sigi terdampak dan sembilan unit lainnya tidak layak huni lagi akibat dampak banjir.
 
"Masa tugas mereka hanya satu hari. Apa yang kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap daerah terdampak bencana, di satu sisi Kabupaten Sigi bertetangga dengan Kota Palu," ujarnya.

Data sementara pemerintah setempat menyebut terdapat dua dusun di Desa Balongga yang dilanda banjir dengan total warga terdampak 384 jiwa dari 112 keluarga.
 
Selain itu sejumlah fasilitas umum juga ikut terdampak dan mengalami kerusakan, di antaranya dua unit SD dan SMP, rumah adat serta jembatan di ruas jalan poros Palu-Bangga.