Yolla berpesan agar perempuan-perempuan bijak gunakan hak emansipasi

id Yolla Yuliana,Hari Kartini,Bola voli Indonesia

Yolla berpesan agar perempuan-perempuan bijak gunakan hak emansipasi

Atlet voli nasional Yolla Yuliana turut mempromosikan Piala Dunia FIBA 2023 Indonesia dalam acara "Basketball Meet Up" yang diselenggarakan di Bintaro Jaya Xchange Mall Tangerang Selatan , pada Sabtu (15/7). ANTARA/HO-FIBA

Jakarta (ANTARA) - Pemain bola voli tim nasional Indonesia, Yolla Yuliana berpesan agar perempuan-perempuan Indonesia bijak menggunakan hak emansipasi yang telah diperjuangkan Raden Ajeng (R.A) Kartini.


"Untuk wanita-wanita di luar sana, kita harus gunakan emansipasi wanita ini dengan sebaik-baiknya. Kita tunjukkan bahwa kita wanita-wanita juga bisa melakukan apapun di dunia ini sekarang," kata Yolla Yuliana kepada pewarta, Minggu.

Secara pribadi Yolla Yuliana menilai bahwa perempuan di zaman sekarang beruntung karena dapat mengekspresikan apa yang menjadi keinginan baik dari segi karir maupun eksplorasi hal di bidang lain.

"Kalau aku pribadi sebagai seorang wanita yang pastinya beruntung udah hidup di zaman ini karena kita sebagai wanita bisa mengekspresikan apa yang kita mau, kita bisa meniti karir juga, kita bisa bereksplor lebih banyak lagi," ujar Yolla yang kini berseragam klub Jakarta Electric PLN tersebut.

Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati hari lahir pahlawan yang memperjuangkan hak emansipasi, R.A Kartini.

Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 108 Tahun 1964, yang dikeluarkan Presiden pertama RI Soekarno, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini tanggal 21 April sebagai hari besar.

Figur-figur Kartini kini hadir melalui berbagai macam bidang tak terkecuali para atlet perempuan Indonesia yang memperjuangkan harkat dan martabat bangsa melalui ranah olahraga.