Swiatek dan Gauff amankan tempat di 16 besar Madrid Open

id Swiatek,Gauff,Madrid Open,WTA 1000

Swiatek dan Gauff amankan tempat di 16 besar Madrid Open

Petenis Polandia Iga Swiatek. (ANTARA/Getty Images via AFP/KATELYN MULCAHY/pri)

Jakarta (ANTARA) - Petenis No.1 dunia Iga Swiatek dan petenis No.3 dunia Coco Gauff berhasil mengamankan tempat di babak 16 besar Madrid Open.

Finalis putri tahun lalu Swiatek mengalahkan petenis Rumania Sorana Cirstea 6-1, 6-1 untuk memastikan pertemuan babak keempat dengan favorit tuan rumah Sara Sorribes Tormo yang mengalahkan mantan peringkat satu dunia Victoria Azarenka.

Pertandingan dimulai dengan atap ditutup karena kondisi basah namun hal itu tidak berpengaruh pada Swiatek, yang langsung memimpin 4-0 dalam waktu 22 menit.

Unggulan teratas itu dipatahkan saat melakukan servis untuk set pembuka pada kedudukan 5-0, tetapi hal itu hanya menunda hal yang tak terhindarkan saat ia membalas untuk menutup set tersebut pada menit ke-40.

Set kedua mengikuti pola yang sama dan Swiatek menutup kemenangan dengan servis winner, hanya kalah dua gim dalam pertandingan yang berdurasi satu jam 17 menit itu.

"Tentu saja cuacanya berbeda dibandingkan tahun lalu, namun saya tetap tahu bagaimana bermain dalam kondisi seperti ini. Saya merasa sangat nyaman," kata Swiatek, yang mengincar mahkota WTA 1000 ketiganya pada musim ini, dikutip dari AFP, Minggu.



Sementara itu, Gauff mengalahkan semifinalis Australian Open Dayana Yastremska 6-4, 6-1.

Kemenangan tersebut merupakan yang ke-29 bagi Gauff di turnamen WTA 1000 sejak awal musim 2023. Hanya dua petenis yang berhasil meraih kemenangan lebih banyak di ajang WTA 1000, yakni Swiatek dan peringkat empat dunia Elena Rybakina.

"Saya senang dengan cara saya bermain," kata Gauff.

"Pada set pertama, saya berharap bisa menutupnya lebih cepat, namun saya senang bisa bekerja keras. Dan pada set kedua, semuanya juga berjalan lancar."

Gauff akan menghadapi rekan senegaranya dari Amerika, Madison Keys, untuk memperebutkan tempat di perempat final pertamanya di Madrid. Hasil terbaik Gauff sebelumnya pada turnamen tersebut adalah mencapai babak 16 besar tahun 2022.

Menjelang pertandingan setelah menang sempurna 6-0, 6-0 pada babak pembuka atas Arantxa Rus, Gauff menjalani lima pertandingan pertama melawan Yastremska untuk menambah kemenangan beruntunnya menjadi 17.

“Dia pemain yang agresif, jadi saya mencoba membuatnya melakukan pukulan belakang," ujar Gauff.



No.34 Yastremska memanfaatkan penurunan performa Gauff untuk menciptakan pukulannya sendiri. Saat petenis Amerika itu kesulitan mempertahankan servis keduanya, Yastremska memenangi empat gim berturut-turut untuk kembali melakukan servis pada kedudukan 5-4.

Namun, petenis Ukraina itu tidak dapat mempertahankan momentumnya. Dia melakukan servis gim yang penuh kesalahan untuk memberi Gauff kesempatan untuk mematahkan servis dan menutup set tersebut.

Gauff melaju untuk memimpin 4-0 pada set kedua dan, kali ini, petenis berusia 20 tahun itu tidak memberikan peluang kepada Yastremska.




Juara bertahan US Open itu menutup kemenangan setelah satu jam 17 menit. Gauff menyelesaikan dengan 10 winner sementara menahan Yastremska yang agresif menjadi hanya 11 winner.

Gauff kini telah memenangi 29 dari 31 pertandingan terakhirnya melawan lawan yang berada di luar peringkat 30 Besar.

Gauff dan Keys akan saling berhadapan untuk kelima kalinya setelah membagi empat pertemuan pertama mereka.

Keys memenangi pertandingan terakhir mereka, di lapangan rumput Eastbourne tahun lalu, 6-3, 6-3. Gauff memenangi pertemuan lapangan keras terakhir mereka, menang 6-2, 7-5 di Dubai pada 2023.