Panama buka peluang lolos ke perempat final usai kalahkan AS 2-1

id copa amerika, timnas panama, timnas amerika, bola amerika, sepak bola, hasil copa amerika

Panama buka peluang lolos ke perempat final usai kalahkan AS 2-1

Pemain Panama Jose Cordoba melompat untuk menendang bola di samping pemain AS Josh Sargent di Copa America. ANTARA/AFP/HECTOR VIVAS.

Jakarta (ANTARA) - Timnas Panama berhasil membungkam Amerika Serikat (AS) dengan skor 2-1 dalam laga Grup C Copa Amerika 2024 di Mercedes-Benz Stadium, Atlanta, Georgia, pada Jumat pagi WIB.

Berperan sebagai tuan rumah, Amerika Serikat yang menginginkan kemenangan untuk memastikan tiket ke perempat final langsung meramu serangan sejak awal laga mengandalkan Christian Pulisic, Folarin Balogun, dan Thimothy Wea di lini depan.

Sebuah gol tercipta saat laga baru berjalan menit melalui sepakan keras Weston McKennie, namun sayangnya, setelah melihat Video Assistant Referee (VAR) wasit Ivan Barton menganulir gol tersebut karena Tim Ream dalam posisi offside.

Skuad asuhan Greg Berhalter harus mengalami kerugian saat Thimothy Wea diusir wasit keluar lapangan setelah mendapatkan kartu merah akibat pelanggaran keras dengan memukul kepala belakang pemain Panama, Roderick Miller.

Pulisic dan kawan-kawan terus berjuang membuka keunggulan hingga tercipta sebuah gol pada menit ke-22 melalui sepakan keras Balagun yang tak bisa dihalau kiper Orlando Mosquera membuat skor 1-0.

Usai kebobolan, Panama yang unggul dalam jumlah pemain pun mulai membangun serangan balik yang cepat untuk menyamakan skor.

Bek Panama Cesar Blackman yang membantu serangan berhasil merobek gawang Amerika Serikat pada menit ke-26 sehingga mengubah skor menjadi 1-1.

Anak asuh pelatih Thomas Christiansen yang mendominasi penguasaan bola belum mampu membuka keunggulan hingga wasit meniup peluit untuk mengakhiri babak pertama.

Memasuki babak kedua, Panama terus mempertahankan dominasi dalam penguasaan bola sembari menciptakan peluang untuk menjebloskan 'si kulit bundar' ke gawang The Yanks yang dikawal Ethan Horvath.

Serangan demi serangan mampu dimentahkan lini pertahanan Amerika Serikat hingga akhirnya kebuntuan terpecahkan lewat gol Jose Fardado pada menit ke-83 yang mengubah skor menjadi 2-1.

Memanfaatkan umpan Abdiel Ayarza, Fajardo yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil melesakkan bola ke awang Amerika Serikat lewat tendangan kaki kanan.

Panama berhasil mempertahankan keunggulan hingga laga usai serta mengantongi 3 poin. Kemenangan itu sekaligus membuka peluang ke perempat final Copa Amerika, setelah pada laga sebelumnya kalah 1-3 dari Uruguay.

Los Canaleros masih memiliki satu laga tersisa di fase grup melawan Bolivia yang terjadi pada 2 Juli mendatang.

Sementara, nasib Amerika Serikat melangkah ke babak selanjutnya akan ditentukan lewat hasil pertandingan melawan Uruguay yang juga berlangsung pada 2 Juli.



Berikut klasemen sementara Grup C Copa America 2024:
Pos Tim POIN
1 Panama 3
2 AS 3
3 Uruguay 3
4 Bolivia 0