Hidayat-Anca optimistis lawan pasangan Hadianto-Imelda

id Hidayat,Andi Nur B Lamakarate,Hadiyanto Rasyid,Imelda Liliana,Pilkada Kota Palu, Pilkada Serentak

Hidayat-Anca optimistis lawan pasangan Hadianto-Imelda

Bakal calon Wali Kota Palu Hidayat (tengah) dan bakal calon Wakil Wali Kota Palu Andi Nur B Lamakarate (kiri) saat jumpa pers di Kota Palu, Jumat (2/8/2024). (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Palu (ANTARA) - Pasangan Hidayat dan Andi Nur B Lamakarate (Anca) optimis dapat melawan pasangan Hadiyanto Rasyid dan Imelda Liliana, pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Kota Palu, Sulawesi Tengah.



"Kami optimis, kalau tidak optimis, kami tidak akan maju," kata Hidayat saat jumpa pers di Palu, Jumat.



Untuk mengusung satu pasang calon di Pilkada Kota Palu, dibutuhkan 20 persen dari 35 kursi DPRD Palu atau tujuh kursi di periode 2024-2029.



Pasangan Hidayat-Anca saat ini telah diusung dua partai politik yakni PAN dua kursi dan Gerindra lima kursi, dengan total tujuh kursi.



Sementara pasangan Hadiyanto-Imelda diusung Perindo dua kursi, Hanura empat kursi, Golkar empat kursi dan PKB tiga kursi. Total 13 kursi yang mengusung pasangan itu.



Hidayat mengungkapkan masih melakukan penjajakan kepada beberapa parpol yang belum mengusung calon, diantaranya PDI Perjuangan, Demokrat, PKS dan NasDem.



"Tidak mendahului takdir, tetapi sudah dilakukan lobi," ujarnya.



Dia berharap para kontestan di Pilkada Kota Palu dapat berkompetisi secara terbuka, sportif dan menjaga nilai-nilai demokrasi.



"Pesta demokrasi sudah pasti ada yang kalah dan ada yang menang," katanya menegaskan.



Selain itu, Hidayat berharap penyelenggara Pemilu dapat bekerja adil dan menindak peserta, jika ditemukan adanya dugaan kecurangan atau memanfaatkan fasilitas negara.