Presiden tegaskan pemerintah tetap dukung proyek di luar KIPP IKN

id PRESIDEN,JOKOWI,IKN,GROUNDBREAKING,KIPP,INTILAND

Presiden tegaskan pemerintah tetap dukung proyek di luar KIPP IKN

Sejumlah gedung telah nampak berdiri di Kota Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur dari peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan tahap satu dan tahap enam. ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah tetap mendukung pembangunan proyek di luar Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kita harapkan nanti swasta membangun, pemerintah juga akan memberikan dukungan kepada infrastruktur. Jadi, jangan ada yang meragukan lagi bahwa pemerintah tidak mendukung infrastruktur di luar kawasan inti," ucap Presiden dalam sambutannya saat peletakan batu pertama (groundbreaking) PT Intiland Development Tbk di IKN, Kaltim, Senin.

Presiden mengatakan pemerintah tetap mendukung dengan membangun akses jalan hingga penyediaan air dan listrik.

"Jadi, tetap jalan yang membangun pemerintah, air yang membangun pemerintah, listrik yang memberikan juga pemerintah dan nanti akan dimulai pada bulan Januari tahun depan anggarannya sudah kita masukkan di RAPBN (2025) karena ini yang saya tahu yang banyak dan sering ditanyakan tidak ada masalah, meskipun presidennya sudah berganti bulan Januari nanti," tutur Presiden.

Dalam kesempatan itu, Presiden turut mengapresiasi PT Intiland yang menerapkan konsep green building pada proyek yang akan dikerjakan di IKN.

"Tadi ditunjukkan desain di depan, desainnya yang akan dikerjakan oleh PT Intiland juga sangat bagus dan green building," ujar Presiden.

Konsep green building sendiri merupakan upaya untuk mewujudkan IKN menjadi kota hemat energi dan rendah emisi karbon.

Dalam kesempatan itu, Presiden pun menyinggung soal bersihnya udara di IKN pada Senin pagi hari ini. Untuk itu, ia mengharapkan ke depannya di IKN juga harus menggunakan mobil listrik.

"Di sini semuanya harus mobil listrik. Tadi pagi saya cek air quality index di IKN 0-50 maksimalnya 50, di kota-kota sekarang ini sudah di atas 100 tetapi tadi pagi ini di sini saya cek masih berada di angka 6, dan nanti kalau mobil-mobil combustion sudah tidak boleh pasti di angka 0 persen, artinya sangat segar sangat bersih," ungkap Presiden.

Kepala Negara pun mengapresiasi investasi di IKN yang dilakukan oleh PT Intiland, yang akan membangun Grand Whiz Nusantara, Nusantara Quarter, dan Royal Nusantara Golf Resort and Residence.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Grand Whiz Nusantara, Nusantara Quarter, dan Royal Nusantara Golf Resort and Residence, secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Presiden.