Dua Petakraw Sulteng Masuk Tim "Merah Putih"

id takraw

Dua Petakraw Sulteng Masuk Tim "Merah Putih"

Sandrina, pelatih nasional sepaktakraw putri asal Sulawesi Tengah. (Foto Anas Masa)

Palu,  (antarasulteng.com) - Dua petakraw putri Sulawesi Tengah mendapat kesempatan emas untuk memperkuat tim "Merah Putih" yang akan berlaga di Asian Games 2018.

"Kedua srikandi terbaik Provinsi Sulteng itu adalah Akiko dan Nur," kata Sandrina K, salah seorang pelatih tim putri sepaktakraw Sulteng di Palu, Selasa.

Mantan atlet nasional dan juga pelatih nasional tersebut mengatakan Akiko dan Nur merupakan petakraw andalan Sulteng yang memiliki catatan pretasi bagus di tingkat nasional.

Kedua petakraw Sulteng itu telah dipastikan memperkuat tim Indonesia di Asian Games 2018 sesuai dengan surat dari PB Persetasi.

Selanjutnya, Akiko dan Nur akan memasuki pemusatan latihan di Jakarta. Tetapi selama masih berada di Palu, kedua atlet Sulteng itu tetap menjalani latihan dibawah pengawasan pelatih nasional yang ada di daerah ini.

"Ya kebetulan saya dipercayakan untuk melatih mereka selama belum memasuki pelatnas di Jakarta," kata Sandrina yang saat ini menjadi salah seorang PNS/ASN di Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulteng.

Sandrina mengatakan khusus tim putri Sulteng prestasin di tingkat nasional cukup membanggakan. "Hanya saja tim putra Sulteng, prestasi nya cukup merosot," kata dia.

Padahal, kata dia, di era 90-an, prestasi tim putra Sulteng cukup bersinar.

Sebagai mantan atlet dan pelatih nasional, Sandrina terus mengabdikan hidupnya selain sebagai PNS/ASN, juga dunia olahraga sepaktakraw di daerah ini.

"Saya ingin prestasi atlet sepaktakraw Sulteng terus meningkat dan semakin banyak melahirkan petakraw nasional," katanya.

Sementara Kepala Sekretariat KONI Sulteng, Edison Ardiles membenarkan cabang olahraga sepaktakraw telah benyak melahirkan atlet nasional.

Atlet putra yang menjadi petakraw nasional adalah Yusri Pakke dan putri Sandrina. Kedua matan atlet Sulteng ini beberapa kali memperkuat tim "Merah Putih" di berbagai kejuaraan di dalam maupun luar negeri.

Sulteng termasuk daerah yang banyak memiliki bibit atlet sepaktakraw.

Kini Sulteng juga telah memiliki PPLP dan SKO yang diharapkan mampu melahirkan banyak atlet nasional. (skd)