Gubernur Sulawesi Tengah minta PSTI tingkatkan prestasi takraw

id Psti,Takraw sulteng,Pemprov sulteng,Gubernur sulteng

Gubernur Sulawesi Tengah minta PSTI tingkatkan prestasi takraw

Staf Ahli Gubernur Sulteng Farid Rifai membacakan sambutan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura pada pelantikan pengurus PSTI Sulteng periode 2023 - 2027, di Palu, Senin (3/7/2023) (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Sulteng meningkatkan kualitas pembinaan sepak takraw, agar dapat meraih prestasi di tingkat nasional.

"PSTI harus membangun kejayaan sepak takraw Sulawesi Tengah," kata Rusdy Mastura dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Farid Rifai, di Palu, Senin, pada pelantikan pengurus PSTI Sulteng periode 2023 - 2027.

Ketua Umum PSTI Sulteng periode 2023 - 2027 dijabat oleh Vera Rompas, yang bersama jajaran pengurus lainnya dilantik oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Besar PSTI Herman Andi, di Palu, Senin.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Farid Rifai mengemukakan bahwa PSTI harus membangun minat dan semangat masyarakat khususnya generasi muda, untuk berolahraga pada cabang sepak takraw.

“PSTI agar melahirkan program strategis dalam meningkatkan minat masyarakat berolahraga sepak takraw, serta membawa sepak takraw Sulawesi Tengah berprestasi di panggung  yang tertinggi," ujarnya.

Menurut dia, jika kecintaan masyarakat pada sepak takraw sudah mendarah daging dan menjadi jiwa raga pengurus, maka dapat membantu melancarkan kerja pengurus PSTI Sulteng untuk meraih prestasi pada cabang olahraga sepak takraw.

Ia juga meminta kepada Pengprov PSTI Sulteng agar bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan komponen lainnya dalam rangka membangun kejayaan olahraga sepak takraw Sulawesi Tengah.

"Oleh karena itu, momentum pelantikan pengurus dapat dimanfaatkan sebagai entry point bagi pengurus dan insan takraw daerah untuk bersinergi dalam rangka meningkatkan kualitas sepak takraw Sulteng," katanya.

Ia menambahkan, bahwa PSTI harus mampu mengindustrikan olahraga sepak takraw supaya dapat memberi efek kesejahteraan kepada seluruh insan olahraga takraw Sulawesi Tengah.

Terkait hal itu Ketua Umum PSTI Sulteng Vera Rompas menyampaikan langkah awal yang akan dilakukan sebagai pengurus PSTI yang baru dilantik yakni, menyatukan persepsi dalam program kerja dan selanjutnya akan menggelar rapat kerja.

Ia mengharapkan kerja sama semua pihak dalam pra-kualifikasi atlet sepak takraw menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024.

“Saya harapkan sepak takraw menjadi salah satu cabang unggulan di Sulawesi Tengah dengan senantiasa menjunjung tinggi sportifitas,” ujarnya.

Sementara Sekjen PB PSTI Herman Andi berpesan kepada para pengurus agar senantiasa solid dan menjaga kekompakan.

“Mari tunjukkan profesionalitas sebagai pengurus dengan senantiasa bekerjasama dalam mencapai prestasi serta aktif pada setiap momen. Saya yakin di bawah kepemimpinan Vera Rompas prestasi tingkat nasional dan internasional akan semakin meningkat,” ujarnya.
Sekjen PB PSTI Herman Andi melantik pengurus PSTI Sulteng periode 2023 - 2027, di Palu, Senin (3/7/2023) (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemprov Sulteng)