Palu raih perunggu Cabor Takraw setelah 'bantai' Makassar di Pionir IX

id IAIN Palu

Palu raih perunggu Cabor Takraw setelah 'bantai' Makassar di Pionir IX

Atlet takraw IAIN Palu pada Pionir IX di Malang terima medali perunggu dan hadiah juara III. (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Atlet sepak takraw dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, meraih juara tiga mendapat perunggu setelah mengalahkan tim takraw Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar,  di Malang, Jawa Timur.

"Iya, kita IAIN Palu meraih perunggu. IAIN Palu kalahkan UIN Makassar," ucap Kepala Sub Bagian Humas IAIN Palu, sekaligus official atlet IAIN Palu pada Pionir IX di Malang,  Muhdar, di hubungi dari Palu, Sabtu.

Baca juga: Amanda Rafik penyumbang medali emas bagi IAIN Palu di Pionir IX

Dua perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) di bawah naungan Kementerian Agama bertemu dalam babak final perolehan juara tiga dan empat pada ajang bergengsi Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) IX, yang berlangsung di Malang, Jumat 19/7 malam sekitar pukul 20.00 Wib.

Muhdar menerangkan, tim takraw IAIN Palu awalnya menjadi tim potensial yang melaju ke babak final untuk perolehan juara satu dan dua. Namun, upaya IAIN Palu untuk itu kandas. Tim Takraw dari tuan rumah penyelenggaraan Pionir IX UIN Malang, mengalahkan IAIN Palu.

Pertandingan IAIN Palu vs UIN Malang berlangsung tiga set/babak, set pertama IAIN Palu menang atas UIN Malang dengan skor akhir 21 : 11, set kedua UIN Malang menang dengan skor 21 : 14, kemudian set ke tiga, 21 : 8.

Dengan demikian, UIN Malang melaju ke final perolehan juara satu dan dua, sementara IAIN Palu berhadapan dengan UIN Makassar di final juara tiga dan empat.

"Di babak final juara satu dan dua, berhadapan UIN Malang dan IAIN Bone, Sulawesi Selatan," kata Muhdar. Sementara UIN Makassar berada di posisi juara empat pada Pionir IX tahun 2019.

Pionir merupakan salah satu kegiatan skala nasional yang di selenggarakan oleh Kementerian Agama RI.

Pionir IX digelar di UIN Maulana Malik Ibrahaim Malang, Jawa Timur, 15 - 21 Juli 2019. Pionir dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan akan diikuti oleh 3.500 mahasiswa dari 58 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) seluruh Indonesia. Di Pionir IX, di Malang, IAIN Palu menurunkan 47 atlet dan peserta lomba, 19 official, 12 anggota kontingen.

Dengan begitu, jumlah keseluruhan peserta dari IAIN Palu sebanyak 78 orang. Sementara atlet dan official yang membawa nama IAIN Palu akan bertanding pada sembilan cabang olahraga, tujuh lomba di bidang seni, dan tiga lomba di bidang ilmiah.

Baca juga: Juara empat nasional Cabor Futsal, di raih IAIN Palu pada Pionir IX