UIN Palu-IAIN Gorontalo lakukan penelitian di wilayah perbatasan

id IAIN Gorontalo,UIN Palu,UIN Datokarama,Hilal Malarangan,FEBI UIN Palu

UIN Palu-IAIN Gorontalo  lakukan penelitian di wilayah perbatasan

Dekan FEBI UIN Palu Dr Hilal Malarangan (kiri), dengan Dekan FEBI IAIN Gorontalo Dr Roni Mohamad menandatangani perjanjian kerja sama, berlangsung di Kampus UIN Palu, Selasa (24/5). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bersama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Gorontalo sepakat melakukan penelitian bersama di wilayah perbatasan dua provinsi tersebut.

"MoA ini antara lain tentang penelitian bersama di daerah perbatasan Sulteng dan Gorontalo," ucap Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) UIN Datokarama Palu Dr Hilal Malarangan, di Palu, Selasa (24/5).

Dekan FEBI UIN Palu Dr Hilal Malarangan dengan FEBI IAIN Gorontalo Dr Roni Mohamad resmi melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama atau Memorandum of Agreement (MoA), berlangsung di UIN Palu.

Hilal menyebut salah satu ruang lingkup MoA itu adalah kolaborasi penelitian yang dilakukan oleh dosen melibatkan mahasiswa dua UIN Palu dan IAIN Gorontalo.

"Penelitian ini tentu mengarah pada sosial, ekonomi dan keagamaan, bagi masyarakat di wilayah perbatasan Sulteng dengan Gorontalo," ungkap Hilal.

Selain itu, kata dia, FEBI UIN Palu dengan FEBI IAIN Gorontalo sepakat saling melibatkan dosen dalam kegiatan-kegiatan akademik lainnya, seperti menjadi narasumber seminar dan FGD.

"Bahkan termasuk pertukaran dosen dua perguruan tinggi Islam negeri ini, dalam menguji skripsi mahasiswa," sebutnya.

Terkait hal itu Dekan FEBI IAIN Gorontalo Dr Roni Mohamad menilai kerja sama ini penting dalam rangka mengoptimalkan implementasi tri dharma perguruan tinggi.

"Kami bersyukur FEBI UIN Palu bersedia bekerja sama dengan kami, hal ini untuk pengembangan akademik sekaligus untuk optimalisasi implementasi tri dharma perguruan tinggi," ujarnya.

Kerja sama FEBI UIN Palu dengan FEBI IAIN Gorontalo merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara UIN Palu dengan IAIN Gorontalo.
Foto bersama Dekan FEBI UIN Palu Dr Hilal Malarangan (kiri), dengan Dekan FEBI IAIN Gorontalo Dr Roni Mohamad sambil memperlihatkan perjanjian kerja sama yang ditandatangani dua pihak, berlangsung di Kampus UIN Palu, Selasa (24/5). (ANTARA/Muhammad Hajiji)