LP2M UIN Palu perluas penempatan wilayah KKN ke Gorontalo

id UIN Palu, IAIN Gorontalo, KKN, KKN tematik, mahasiswa, perguruan tinggi, pendidikan tinggi, sulteng

LP2M UIN Palu perluas penempatan wilayah KKN ke Gorontalo

Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Datokarama Palu Sahran Raden (kedua kiri) dan perwakilan IAIN Gorontalo menandatangani kerja sama pertukaran mahasiswa KKN, Senin (6/5/2024). ANTARA/HO-Humas UIN Palu

Palu (ANTARA) -
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah memperluas penempatan wilayah Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa perguruan tinggi negeri tersebut hingga ke Provinsi Gorontalo.


 


Ketua LP2M UIN Datokarama, Sahran Raden, di Kota Palu, Senin, mengatakan bahwa pelaksanaan KKN di wilayah Gorontalo dilaksanakan melalui program KKN Kolaboratif yang melibatkan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo.

 

"Program KKN Kolaboratif ini dilaksanakan bersama antara kedua perguruan tinggi Islam Negeri. Bentuknya dilakukan pertukaran lokasi KKN," ujarnya.


 


Ia mengemukakan perluasan wilayah KKN sebagai bentuk kerja sama kedua belah pihak untuk menguatkan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dalam mendukung pembangunan daerah. Sekaligus menjadi wahana bagi mahasiswa mempraktikkan ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan selama melaksanakan studi.


 


"KKN Kolaboratif ini menjadi satu bentuk kontribusi kedua perguruan tinggi Islam Negeri untuk percepatan pembangunan pemerintah daerah. Program ini dimulai pada September 2024," kata Sahran.


 


Ia menjelaskan LP2M UIN Datokarama memiliki program unggulan KKN, yang didesain dalam bentuk KKN Tematik mencakup tiga prioritas pengembangan, yakni kluster moderasi beragama, kluster pelayanan publik dan kluster kewirausahaan.


 


Program KKN unggulan ini dijadikan pembelajaran bagi IAIN Gorontalo yang bisa diadopsi untuk diterapkan bagi mahasiswa di kampus tersebut.


 


Ia menambahkan melalui program KKN, LP2M UIN Datokarama juga melakukan hilirisasi penelitian, pembinaan dan pengabdian kepada masyarakat.

 

Hal ini dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti penelitian kolaboratif antardosen yang melibatkan dosen UIN Datokarama dan IAIN Gorontalo.


 


"Kolaborasi seperti ini terus kami kembangkan dengan provinsi lainnya, supaya mahasiswa memiliki pengetahuan yang lebih luas dan pengalaman," tutur Sahran.