Amanda Rafik penyumbang medali emas bagi IAIN Palu di Pionir IX

id IAIN Palu

Amanda Rafik penyumbang medali emas bagi IAIN Palu di Pionir IX

Atlet Taekwondo IAIN Palu di Pionir IX, Amanda Rafik (tengah) meraih medali emas pada Pionir IX di Malang. (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Amanda Rafik berhasil menyumbangkan satu medali emas untuk perguruan tinggi negeri tersebut, pada ajang bergengsi nasional Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) IX yang berlangsung di Malang, Jawa Timur.

Amanda Rafik memperagakan Seni Taekwondo dengan baik dan maksimal pada kategori Poomsae, praktek menyerang dan bertahan yang di peragakannya mengantar dirinya meraih medali emas pada kategori tersebut di cabang olahraga taekwondo.

"Iya, Amanda Rafik raih medali emas dari kategori Poomsae Tunggal pada cabang olahraga Taekwondo," ucap Official Tim Taekwondo IAIN Palu pada Pionir IX di Malang, Abdul Jalil, di hubungi dari Palu, Jumat.

Baca juga: Juara empat nasional Cabor Futsal, di raih IAIN Palu pada Pionir IX

Jalil mengatakan, Amanda Rafik atas peragaan menyerang dan bertahan yang diperagakannya mampu meraih nilai yang diberikan dewan juri sebanyak 8,420.

Nilai tersebut, sekaligus mengalahkan atlet yang di utus oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Maulana Malik Ibrahaim Malang yang notabene selaku tuan rumah penyelenggara Pionir IX.

Dari perolehan tersebut UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendapat perak dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mendapat perunggu dari kategori Poomsae Cabang Olahraga Taekwondo.

Pionir merupakan salah satu kegiatan skala nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Pionir IX digelar di UIN Maulana Malik Ibrahaim Malang, Jawa Timur, 15 - 21 Juli 2019. Pionir dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan diikuti oleh 3.500 mahasiswa dari 58 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) seluruh Indonesia.

Di Pionir IX, di Malang, IAIN Palu menurunkan 47 atlet dan peserta lomba, 19 ofisial, 12 anggota kontingen. 

IAIN Palu akan bertanding pada sembilan cabang olahraga, tujuh lomba di bidang seni, dan tiga lomba di bidang ilmiah.

Baca juga: Masuk 10 besar jadi target IAIN Palu pada PIONIR IX di Malang
 
Atlet Taekwondo IAIN Palu di Pionir IX, Amanda Rafik (tengah) meraih medali emas pada Pionir IX di Malang. (Antaranews/Muhammad Hajiji)