Polda Sulteng Jamin Keamanan Dan Kelancaran TdCC

id suprapto

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Drs. Hari Suprapto, MSi (poldasulteng.com)

Siapa pun khususnya pembalap mancanegara, tidak perlu ragu dan khawatir berkunjung ke sini. Sulteng ini daerah aman, tenteram dan damai
Palu,  (antarasulteng.com) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menjamin keamanan dan kelancaran penyelenggaraan lomba balap sepeda wisata internasional Tour de Central Celebes (TdCC) yang akan digelar 6-8 November 2017.

"Siapa pun khususnya pembalap mancanegara, tidak perlu ragu dan khawatir berkunjung ke sini. Sulteng ini daerah aman, tenteram dan damai," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto, di Palu, Rabu.

Meskipun kondisi aman dan tenteram, kata Hari, namun Polda Sulteng tetap waspada dan antisipatif menghadapi berbagai kemungkinan dengan mengerahkan semua potesi yang dimiliki untuk menjamin sukses acara berskala dunia ini.

Menurut dia, Polda Suteng sudah menyusun rencana pengamanan di seluruh wilayah yang dilintasi rute TdCC, yakni Kabupaten Tojo Unauna, Poso, Parigi Moutong, Sigi, Donggala, dan Kota Palu.

Pada saat kegiatan nanti, hampir dipastikan akan terjadi keramaian warga terutama di jalan-jalan yang dilalui rombongan pembalap, untuk menonton lomba tersebut, sehingga akan ada tekanan psikologis massa ketika berdesakan dengan kondisi cuaca panas.

Kondisi tersebut, menurutnya, akan rawan menimbulkan gesekan baik antara pengunjung dengan pengunjung maupun dengan petugas dan panitia maupun petugas keamanan, sehingga bisa terjadi adu argumentasi, saling hina/ejek, saling dorong dan kekerasan berupa penganiayaan, perkelahian dan perusakan.

"Apalagi sebagian jalur TdCC ini merupakan daerah Operasi Tinombala 2017, sehingga diperlukan pengamanan yang lebih ketat pada saat dan sebelum pelaksanaan untuk menghindari dan mengantisipasi terjadi aksi teror yang dilakukan oleh kelompok tertentu," ujarnya pula.

Menurut Hari, dalam kegiatan TdCC nanti Polda Sulteng dan jajarannya akan melaksanakan pengamanan antara lain berupa pengaturan, penjagaan, patroli, dan pengawalan.

Polda akan mengerahkan 1.490 personel yang berasal dari polda setempat 260 orang, Polres Palu 300 orang, Polres Sigi 200 orang, Polres Donggala 50 orang, Polres Parigi Moutong 180 orang, Polres Poso 250 orang, dan Polres Tojo Unauna 250 orang.

Komando dan pengendali kegiatan TdCC dipegang langsung Kapolda Sulteng Brigjen Drs Rudy Sufahriadi dan Direktur Sabhara Polda Sulteng Kombes Edy Chumaedi sebagai Kepala Pengamanan serta Posko Komando berada di Biro Ops Polda Sulteng. (skd) 
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar