Bos Apple dan Facebook temui Xi Jinping

id apple

Bos Apple dan Facebook temui Xi Jinping

CEO Apple Tim Cook. (ANTARA News/Apple)

Shanghai (antarasulteng.com) - Chief Executive Apple Inc Tim Cook dan Pendiri Facebook Mark Zuckerberg bertemu Presiden China Xi Jinping pada pertemuan tahunan penasihat sekolah bisnis Tsinghua di Beijing, Senin.

Xi berbicara dengan para pemimpin bisnis dan pejabat pada pertemuan tersebut, kata siaran pemerintah China Central Television (CCTV). Cook dan Zuckerberg merupakan dewan penasihat bidang Ekonomi dan Manajemen Sekolah Tsinghua.

Pertemuan tersebut sangat penting bagi Apple, yang mempersiapkan peluncuran iPhone X pada Jumat, di tengah harapan ulang tahun ponsel pintar asal Amerika tersebut untuk dapat menghidupkan kembali penjualan di negara dengan ekonomi terbesar kedua dunia itu.

Sekolah bisnis Tsinghua, yang didirikan pada 1984, telah menempatkan sejumlah pemimpin industri China dan luar negeri terkemuka duduk di dewan pengurusnya, termasuk bankir pusat China Zhou Xiaochuan dan CEO Goldman Sachs Lloyd Blankfein.

Facebook milik Zuckerberg juga telah sangat aktif di China, di mana media sosial tersebut sangat ingin dapat beroperasi di negara berpenduduk paling banyak di dunia itu, di mana penggunaannya dilarang sejak 2009 dan berada di bawah media sosial milik China sendiri bernama Great Firewall.

Juru bicara Apple mengatakan perusahaan tersebut tidak dapat mengomentari tentang jadwal Tim dan atau pertemuan-pertemuan yang dilakukan. Sementara Facebook mengkonfirmasi Zuckerberg berada di Beijng, namun menolak memberikan komentar mengenai rincian kunjungannya.

Dalam sebuah posting di halaman Facebook-nya pada Sabtu, Zuckerberg menulis bahwa dia berada di Beijing untuk pertemuan tahunan tersebut. 

"Setiap tahun perjalanan ini merupakan cara terbaik untuk mengikuti laju inovasi dan kewirausahaan di China," katanya dilansir Reuters.


Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta