Pemkab Poso Rencana Gelar Festival Megalit

id patung

Patung Palindo adalah patung megalit di Lore yang terkenal di dunia dan dijadikan logo balap sepeda Tour de Central Celebes. (www.ningsavin.com)

Poso,  (antarasulteng.com) - Dinas Pariwisata Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah berencana menggelar Festival Megalit, salah satu ikon peradaban sejarah di zamannya yang hingga kini dikenal luas.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Poso Yosep Magido di Poso, Selasa, mengatakan rencana pelaksanaan festival tersebut terinspirasi dari suksesnya Festival Danau Poso (FDP) yang digelar akhir pekan lalu.

Dia mengatakan rencana Festival Megalit tersebut dilaksanakan di Wilayah Lore Kabupaten Poso. Wilayah itu merupakan daerah yang paling banyak terdapat situs megalit.

"Setelah melihat sukses acara FDP kemarin, Kami berencana akan melaksanakan acara Festival Megalit di Napu nanti," kata Yosep.

Dia mengatakan waktu pelaksanaan acara tersebut belum dapat ditentukan sebab masih akan dirapatkan terlebih dahulu dengan pihak terkait.

Selain itu menurut dia, untuk lebih baik pelaksanaan festival akan dilakukan perbaikan infrastruktur jalan menuju lokasi megalit, penginapan dan sarana prasarana pendukung lainnya untuk kelancaran kegiatan itu.

"Tentuya, kami terlebih dahulu akan memperbaiki jalan menuju Megalit, dan sejumlah pendukung festival itu, untuk mensukseskan acara nanti," katanya.

Yosep mengatakan acara tersebut dimaksudkan untuk mempromosikan Megalit Kabupaten Poso, agar semakin dikenal di luar daerah.

Megalit yang terletak di dataran Lore merupakan warisan kebudayaan dunia.

Setidaknya terdapat 404 situs di daerah itu, yang sebagian besar arca yang ditaksir berusia sekitar 3.000-4.000 sebelum masehi.

Situs tersebut tersebar di lembah Napu, Bada dan Besoa Kecamatan Lore Utara dan Lore Selatan.

Untuk menuju ke dataran ini dapat ditempuh melalui Tentena, Poso dan Kabupaten Sigi.(skd) 

Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar