Cabub-Cawabub Parimo cabut nomor urut, SABAR No.1

id parimo,pilkada,kpu,nomor urut

Para calon bupati-wabub Parigi Moutong usai mencabut nomor urut calon di KPU setempat, Selasa (13/2) (Antaranews SUlteng/Ridwan)

Amelia: beri pendidikan politik yang baik kepada rakyat
Parigi (Antaranews Sulteng) - Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Parigi Moutong telah mengambil nomor urut sebagai peserta pilkada langsung pada rapat pleno penetapan nomor urut pasangan calon oleh KPU setempat, Selasa. 
    
Penetapan nomor urut pasangan calon oleh KPU dijaga ketat aparat kepolisian setempat dan dihadiri tiga pasangan calon, forum komunikasi pimpinan daerah Parigi Moutong, Ketua Pengawas Pemilihan Kabupaten, partai pengusung, tim sukses serta simpatisan masing-masing pasangan calon.
    
Penetapan nomor urut itu berdasarkan keputusan KPU Parigi Moutong nomor 24/03.1-kpt/7208/KPU-kab/II/2018 tentang penetapan nomor urut dan daftar pasangan calon pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Parigi Moutong Tahun 2018 dimana nomor urut satu adalah pasangan Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai (Sabar) diusung oleh enam partai politik yakni Partai Gerindra, PAN, PBB, PKS, PDIP dan PPP.

Pasangan Sabar ini adalah Bupati/Wabub Parigi Moutong periode 2013-2018 yang tetap mesra hingga menjelang akhir pemerintahan mereka.

Kemudian nomor urut dua, pasangan Erwin Burase-Rahmawaty Nur (Erabar) yang diusung Partai Goolkar dan PKB dan nomor urut 3 pasangan H Amrullah Almahdali-Hj Yufni (Amin) yang diusung partai Demokrat dan Hanura.

"Nomor urut itu kemudian digunakan pasangan calon dalam proses berkampanye hingga proses pencoblosan nanti," kata Ketua KPU Parigi Moutong, Amelia Idris saat menbuka rapat pleno.

Amelia menjelaskan, rapat pleno penetapan nomor urut pasangan calon dilaksanakan berdasarkan Peraturan KPU nomor 15 tahun 2017 atas perubahan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan buapti  dan wakil bupati Parigi Moutong, kemudian berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2018 tentang tahapan jadwal dan pelaksanaan pemilihahn Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan walik Bupati serta Wali Kota dan wakil Wali Kota.
    
Setelah penetapan nomor urut pasangan calon, urainya, KPU Parigi Moutong akan memasuki tahapan kampanye yang dimulai pada 15 Februari hingga 23 Juni 2018. 

"Disinilah masing-masing kandidat mempromosikan atau menyampaikan visi dan misinya di hadapan masyarakat," papar Amelia.

Selaku penyelenggara pilkada, harapnya, masing-masing pasangan calon agar memberikan pendidikan politik kepada masyarakat lewat kampanye terbuka dan juga mensosialisasikan tahapan-tahapan Pilkada masyarakat Kabupaten Parigi Moutong. Pilkada serentak berdasarkan tahapan dan jadwal akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 oleh tiga kabupaten di Sulawesi Tengah yakni Kabupaten Donggala, Parigi Moutong dan Morowali.
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar