Pemuda Ampana dukung Indonesia Bebas Sampah 2020

id ampana,sampah,togean

Pemuda Ampana dukung Indonesia Bebas Sampah 2020

Para pemuda memungut sampah di Pantai Kota Ampana, Minggu (25/2) (Antaranews Sulteng/Sulapto)

Ampana (Antaranews Sulteng) - Komunitas Pemuda peduli lingkungan, wilayah Ampana Kota, Ibu Kota Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, menggelar aksi bersih pantai sebagai wujud dukungan mereka pada komitmen bersama Indonesia Bebas Sampah 2020.

Ratusan pemuda bersama masyarakat dan aparat pemerintah setempat turun membersihkan Pantai Kota Ampana, Minggu (25/2), dan ikut dikawal oleh Balai Taman Nasional Kepualauan Togean (TNKT), yang mendapat tugas kusus melindungi obyek wisata laut Kepulauan Togean.

Salah satu pengurus Komunitas Pemuda Ampana Oktovianus mengemukakan bahwa aksi bersih pantai ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang ditetapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pada kegiatan itu, kata Oktovianus, Balai Taman Nasional Kepulauan Togean menyerahkan lima buah tong sampah dan satu gerobak sedangkan PT. Jasa Raharja menyerahkan sembilan tong sampah plastik.

Kegiatan bersih-bersih sampah ini, kata Oktovianus yang juga Kepala tata Usaha Balai TNKP itu akan terus dilakukan dan disosialisasikan dalam program pemerintah tuga bulan bersih sampah menuju Indonesia bebas sampah 2020 nanti.

Baca juga: Togean Ditetapkan Jadi Kawasan Wisata Strategis Nasional

"Kedepan tetap kita laksanakan bersih-bersih sampah, di antaranya kebersihan lingkungan kantor. Karena ini program pemerintah pusat, akan terus melakukan sosialisasi demi terwujudnya Indonesia bebas sampah 2020," katanya.

Asisten Bidang Administrasi Umum Pemda Tojo Unauna Munawar Mapu sangat mengapresiasi kegiatan bersih-bersih sampah yang dilaksanakan komunitas pemuda tersebut.

"Bersama kita harus lawan sampah. Dalam momen peringgatan peduli sampah nasional ini, mari kita bersama-sama perang melawan sampah agar Indonesia bebas sampah, dan dimulai dari wilayah Kabupaten Tojo Unauna," katanya.

Kabupaten Tojo Unauna yang memiliki obyek wisata Kepulauan Togean yang sudah terkenal di dunia, kata Munawar, harus terus berupaya menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman bagi para wisatawan agar selalu menarik utuk dikunjungi pelancong dari dalam dan luar negeri. 

Balai TNKT menyerahkan bantuan gerobak sampah kepada Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan di Ampana, Minggu (25/2) (Antaranews Sulteng/Sulapto)