FKUB Sulteng evaluasi kerukunan umat beragama

id FKUB,Kerukunan,Teroris

FKUB Sulteng evaluasi kerukunan umat beragama

Suasana rapat evaluasi FKUB Sulteng di Warkop Ansor, Rabu (6/6) malam. Evaluasi itu dilakukan pascaserentetan peristiwa bom Surabaya dan menyambut pelaksanaan Pilkada serentak 2018. (Ulilhidayat)

Hasil pemantauan FKUB menunjukkan bahwa keamanan dan toleransi umat beragama di Sulawesi Tengah tetap kondusif. Umat Islam juga dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan hidmat. 
Palu, 7/6 (Antaranews Sulteng) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah menggelar rapat evaluasi kerukunan umat beragama di tengah-tengah umat Islam menjalankan ibadah puasa 1439 Hijriah. 

Evaluasi itu dilakukan pascaserentetan peristiwa bom Surabaya dan menyambut pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Ketua FKUB Sulawesi Tengah Jamaluddin Mariajang mengatakan FKUB harus memantau secara intens terhadap dinamika kehidupan umat beragama. 

Rapat evaluasi yang berlangsung di Warkop Ansor, Rabu malam itu dihadiri oleh pengurus FKUB Sulawesi Tengah masa kepengurusan 2014-2018 dibawah kepemimpinan Jamaluddin Mariajang.

Hasil pemantauan FKUB menunjukkan bahwa keamanan dan toleransi umat beragama di Sulawesi Tengah tetap kondusif. Umat Islam juga dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan hidmat. 

Kondisi ini kata Jamaluddin, tentu hasil dari jerih payah banyak komponen masyarakat. Ada kontribusi dari para pemimpin agama, pemimpin daerah, tokoh adat, aparat keamanan dan tentunya dari umat sendiri yang memiliki rasa kesadaran terhadap pentingnya menjaga dan merawat kehidupan yang rukun dan damai.

Pada pekan akhir Ramadhan, FKUB Sulawesi Tengah juga akan melaksanakan kegiatan Safari Kerukunan ke komunitas-komunitas umat beragama. 

Tokoh-tokoh agama akan bersilaturahim ke komunitas umat beragama melakukan dialog. Kegiatan ini langsung ke jantung nadi umat beragama agar FKUB dapat merasakan denyut nadi kehidupan riil di tengah-tengah umat. 

Pada pasca Lebaran Idul Fitri akan dihelat Halal Bihalal Nusantara dengan Ketua Panitia I Ktut Swasana, di Kecamatan Sausu, Parigi Moutong.

Kegiatan ini direncanakan dihadiri Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Ketua Asosiasi FKUB se-Indonesia dan Direktur Penanggulangan Radikalisasi dari BNPT, juga Mubaligh Nasional.

Acara Halal Bihalal Nusantara juga akan diisi parade seni budaya dari masing-masing perwakilan umat beragama.***