Gubernur: populasi sapi Sulteng capai 400.000 ekor

id sapi,gubernur, kontes

Gubernur: populasi sapi Sulteng capai 400.000 ekor

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola optimistis target sejuta sapi pada 2021 tercapai (Anas Masa) (Anas Masa/)

Sigi, (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola mengatakan jumlah populasi ternak sapi di daerah itu hingga kini sudah mencapai sekitar 400.000-an ekor yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.

 Gubernur Longki saat membuka kontes ternak se-Sulteng yang dipusatkan di UPT Pembibitan Sapi di Desa Sidera, Kabupaten Sigi, Selasa mengatakan Pemprov Sulteng pada 2017 telah mencanangkan program populasi satu juta ekor sapi sampai dengan 2021.

 "Dan saya optimistis target tersebut dapat terealisasi," kata dia.

 Longki mengatakan untuk mewujudkan program sejuta sapi sebagaimana yang telah dicanangkan Pemprov Sulteng, pemerintah daerah melalui Dinas Peternakan di seluruh kabupaten dan kota gencar melaksanakan perkawinan alam dan juga IB.

 Seiring dengan program dimaksud, maka ada larangan untuk tidak menyembelih sapi betina produktif. Petani dilarang keras untuk menyembelih sapi betina produktif.

Sesuai data, kata dia, populasi sapi di Sulteng pada 2017 tercatat sebanyak 353.500 ekor. Dan selama tiga tahun ke depan diharapkan bisa bertambah 650.000 ekor sehingga pada 2021 menjadi satu juta ekor sapi potong.

 Pemprov Sulteng juga gencar melaksanakan program siwab (sapi induk wajib buting). Target akseptor 2018 ini sebanyak 20.000 ekor, dan kebuntingan 16.160 ekor jumlah kelahiran 12.758 ekor.
 Sementara realisasi sampai dengan 16 Juli 2018, sapi yang di inseminasi buatan (IB) berjumlah 17.162 ekor atau sekitar 85%. Dan yang mengalami kebutningan 8.705 ekor atau sekitar 53 persen serta angka kelahiran sebanyak 4.741 atau baru 37,16? persen.

 Gubernur Longki mengatakan secara nasional pelaksanaan program Upsus Siwab di Provinsi Sulteng pada triwulan pertama menduduki peringkat satu nasional. Tetapi pada triwulan kedua 2018 ini turun ke posisi empat besar nasional.

 Menurut dia, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan program dimaksud antara lain kondisi peternakan sapi rakyat masih bersifat ekstensif tradisional atau masih banyak sapi yang bel;um memiliki tali hidung sehingga sulit didektesi masa birahinya.

Kendala lainnya adalah sarana dan prasana berupa kontainer lapangan, obat-obatan dan hormon serta petugas teknis iseminator pemeriksa kebutntingan dan asisten teknis reproduksi masih sangat terbatas.

"Inilah yang merupakan kendala dihadapi dalam meningkatkan populasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Pemprov Sulteng," ujar Gubernur Longki.

 Dia juga mengatakan peningkatan populasi ternak sapi harus pula didukung ketersediaan daya tampung lahan pengembalaan dan pakan yang memadai.

 Menyangkut kontes ternak, kata dia, sudah yang ketujuh kali digelar oleh Dinas Peternakan Provinsi Sulteng dengan tujuan dan sasaran untuk memberikan semangat bagi para petani dalam mengembangkan dan meningkatkan pupulasi sapi di provinsi ini.

 Melalui kegiatan tersebut paling tidak peserta kontes ternak lebih termotivasi lagi untuk mendukung program Pemprov Sulteng yakni sejuta sapi 2021.

 Jika program ini tercapai,niscaya masyarakat Sulteng tidak akan kekurangan kebutuhan hewani. Juga dapat menompang program swasembada daging nasional.

 Sulteng, kata Gubernur Longki merupakan salah satu daerah yang diharapkan pemerintah pusat sebagai penghasil ternak sapi potong di Tanah Air.

Sementara Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Sulteng, Nahyun Biotong mengatakan Sulteng sejak dahulu sudah terkenal sebagai daerah pengirim sapi potong ke sejumlah daerah, terutama Kalimantan Timur. Setiap tahunnya sampai sekarang ini para pedagang di Sulteng melakukan antarpulau sapi potong ke Kaltim.

 Pasar terbesar pengiriman sapi potong produksi petani Sulteng yakni Kaltim.

 Kontes ternak mendapat perhatian besar masyarakat di Kota Palu,Donggala dan? Kabupaten Sigi. Budi Suyanto