Warga Indonesia di Philadelphia as dukung Jokowi-Maruf

id jokowi,maruf

Warga Indonesia di Philadelphia as dukung Jokowi-Maruf

Capres-Cawapres Pilpres 2019, Joko Widodo (kanan) dan Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc/18./)

Jakarta, (Antaranews Sulteng) - Ratusan warga Indonesia di pantai timur Amerika, berkumpul dalam Pesta Kebangsaan Satu Indonesia, di Philadelphia, Amerika Serikat pada Sabtu (8/12) malam waktu setempat untuk menyampaikan dukungannya pada pasangan Jokowi-Ma'ruf. 

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu, warga Indonesia yang hadir dalam acara itu berjumlah sekitar 600 orang, dan berasal dari kota-kota besar seperti Philadelphia, Washington DC, New York, New Jersey, Delaware, Baltimore dan sekitarnya. 

Masyarakat dari berbagai kota datang secara mandiri, baik dengan kendaraan pribadi maupun bus sewa. 

Warga Indonesia yang hadir larut dalam pembacaan deklarasi dukungan yang dibacakan oleh masyarakat East Coast yang mewakili berbagai etnis dan agama, yang menyuarakan kerinduan akan Tanah Air yang damai.

Acara ini sendiri digagas oleh Masyarakat Peduli Indonesia (MPI) dan Tim Relawan #01, bekerja sama dengan komunitas Indonesia di East Coast, mendatangkan artis dari Indonesia. 

Sejumlah seniman Tanah Air ikut hadir dalam acara seperti Oppie Andaresta, Sandhy Sandoro, grup rap Saykoji dan juga Atiek CB yang bermukim di AS, serta artis lokal seperti Modero Company dan Bengkel Musik Washington (BMW).

Menurut ketua MPI, Janner Clay Siahaan, acara ini bertujuan menyatukan suara pendukung sepanjang East Coast dan mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya.

Salah satu pengisi acara Saykoji mengatakan, bahwa ia secara pribadi mendukung Jokowi. 

"Ketika saya melihat Jokowi, saya melihat kita, saya lihat inilah Indonesia. Jokowi adalah kita. Jokowi mencerminkan segala harapan saya untuk Indonesia yang lebih maju kedepan," jelas Saykoji. 

Adapun isi deklarasi yang dibacakan dalam acara itu yakni:

1. Kami akan selalu menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

2. Kami akan selalu menjaga hubungan harmonis antarwarga negara, yang toleran menghormati perbedaan suku, agama dan ras. 

3. Mendukung pesta demokrasi yang bermartabat dan damai, serta mengecam politik SARA, hoaks dan memecah belah. ***2***

4. Mendukung Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 demi mewujudkan Indonesia bermartabat serta demi pemerataan sosial dan ekonomi di seluruh Indonesia.