Bupati Parigi Moutong libatkan desa kembangkan pariwisata

id Pariwisata, bupati, samaurizal, desa, parigi moutong

Bupati Parigi Moutong libatkan desa kembangkan pariwisata

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu (ujung kiri) berpose dengan peserta Tomini Fashion Karnaval usai pembukaan Festival Teluk Tomini 2019. (Antaranews/Moh Ridwan)

Parigi (ANTARA) - Bupati Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Samsurizal Tombolotutu akan melibatkan desa dalam mengembangkan sektor pariwisata guna meningkatkan ekonomi masyarakat di kabupaten itu.

"Desa memiliki beragam potensi wisata yang menarik dikunjungi, namun hal itu belum terkelolah dengan baik," kata bupati di Parigi, Minggu. 

Parigi Moutong memiliki berbagai destinasi wisata mulai dari wisata bahari, wisata alam, wisata kuliner hingga seni dan budaya menarik dikunjungi. 

Ia menyebut, destinasi yang saat ini sering dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara yakni objek wisata bahari yang terletak diberbagai lokasi seperti pantai kucing dan pantai Kayubura. 

"Wisata bawah laut kita tidak kalah menarik dengan daerah lain, sehingga kami sebagai pemerintah wajib menjaga dan melestarikan terumbu karang dan biota laut lainnya agar ekosistem laut semakin baik, " katanya. 

Pelibatan desa dalam mengembangkan sektor pariwisata di daerah itu, menurutnya, sangat strategis karena desa memiliki potenai-potensi wisata.

Hal itu sejalan dengan rencana pembangunan kawasan perdesaan di kabupaten tersebut oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranamigrasi (Kemendes-PDT).

"Para Kepala Desa saat ini sedang studi banding ke Yogyakarta dan Jawa Timur, disana mereka belajar bagai mana mengolah sektor pariwisata untuk dikembangkan di desa mereka masing-masing, " tambahnya. 

Menurut bupati, pembangunan kawasan pedesaan sangat strategis karena akan mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat desa.
 
Festival Pesona Teluk Tomini Kostum Karnaval (carnaval fhasion) bermotif ikan dari Kecamatan Moutong yang diperagakan seorang gadis mendapat sambutan meriah pada acara puncak FPTT di Parigi, sabtu (22/10) (Foto antara / rolex malaha)

Bupati menyebut, guna memajukan industri pariwisata daerah, promosi wisata perlu dilakukan salah satunya memalui kegiatan kepariwisataan yang bertajuk Featival Teluk Tomini (FTT) 2019 yang sedang berlangsung sema lima hari mulai 19-23 April nanti. 

"Kami ingin dari kegiatan ini bisa memberikan dampak terhadap tingkat kunjungan wisata di Parigi Moutong, karena kegiatan kepariwisataan ini sudah di tanghalkan di 100 kalender nasional kegiatan pariwista oleh Kementerian Pariwisata," tuturnya. 

Meski begitu, paparnya, hal yang paling penting dalam pengembangan sektor pariwisata yakni 3A (atraksi, amenitas dan aksesibilitas) menjadi kunci kesuksesan pariwisata. 

"Pembangunan pariwisata membutuhkan proses panjang sehingga terus berkelanjutan, " ujarnya. 

Baca juga: Gubernur Longki Djanggola resmikan SMK Negeri Pariwisata Parigi
Baca juga: Kunjungan seniman Spanyol diyakini tingkatkan sektor pariwisata Parimo
Baca juga: Utusan Parigi Moutong Terpilih Putri Pariwisata Maritim Nasional
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar