Dalang Bule Beraksi di Stockholm

id dalang, bule, wayang

Dalang Bule Beraksi di Stockholm

Dalang bule saat beraksi di Stockholm. (Zenita Gibons)

Itu bagian dari keberhasilan membina warga Swedia, Urban Wahlstedt, yang memiliki koleksi wayang Jawa.
London (antarasulteng.com) -  Pementasan Wayang Kulit dengan dalang Urban Wahlstedt seorang bule diiringin Gamelan "Riris Genta Raras" binaan KBRI  yang dimainkan  Diaspora Indonesia di kota Stockholm turut mempromosikan budaya Indonesia.
         
Pagelaran wayang bertempat di Tibble Theatre, Täby, Stockholm itu bagian dari keberhasilan membina warga Swedia, Urban Wahlstedt, yang memiliki koleksi wayang Jawa, menjadi dalang  dan turut bermain gamelan  Duta Besar, Dewa Made J. Sastrawan, kata Fungsi Pensosbud KBRI Stokholm Swedia Erlinda Sutendri kepada Antara London, Selasa.
         
Pada saat tersebut juga diadakan acara bazar yang diikuti 25 peserta yang menjual berbagai makanan dan minuman khas Indonesia serta barang kerajinan Indonesia.
         
Makanan yang disajikan antara lain adalah berupa nasi kuning, masakan Padang, aneka kue asli Indonesia dan bahan makanan asli Indonesia seperti tahu dan tempe, yang semuanya terjual habis.
         
Duta Besar RI untuk Kerajaan Swedia, Dewa Made J. Sastrawan menyatakan Kelompok Gamelan Diaspora "Riris Genta Raras" di Stockholm telah terbukti menjadi elemen utama Diaspora Indonesia di Stockholm dalam mendukung promosi budaya Indonesia, khususnya budaya Jawa di Swedia.
         
Di samping itu Anik Sundqvist yang terpilih sebagai Ketua Indonesian Diaspora Networks  Stockholm menyatakan dirinya senang dengan adanya pementasan gamelan dan wayang Jawa yang sepenuhnya dimainkan diaspora Indonesia yang tinggal di Stockholm .  
    
Hal  ini menunjukkan meskipun jauh dari tanah air, para Diaspora Indonesia di Stockholm memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya bermain gamelan.
Pewarta :
Editor : Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar