DSLNG dan PFI Palu luncurkan lomba video bertema Banggai Itu Keren 2023

id Dalang, pfi Palu, lomba video, Banggai, Sulteng, Palu

DSLNG dan PFI Palu luncurkan lomba video bertema Banggai Itu Keren 2023

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) lomba video pendek dengan tema "Banggai Itu Keren 2023" kerja sama DSLNG dan PFI Palu yang berlangsung di Palu, Sabtu (14/1/2023). ANTARA/HO-PFI Palu

Palu (ANTARA) -
PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu resmi meluncurkan lomba video bertema Banggai Itu Keren (BaIK) tahun 2023 yang digelar pada acara temu media di Kota Palu, Sabtu malam. 
 
External Communication Supervisor DSLNG, Rahmat Azis dalam sambutannya pada peluncuran lomba video Banggai Itu Keren 2023 di Palu Sabtu mengatakan, giat ini rangkaian peringatan 15 tahun DSLNG yang beroperasi di Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.
 
"Lomba video Banggai Itu Keren 2023 bertujuan untuk menghadirkan komitmen DSLNG sebagai perusahaan energi yang mendukung pelestarian lingkungan hidup dalam upaya kampanye gerakan mencegah perubahan iklim," jelas Rahmat.
 
Menurut dia, melalui Banggai Itu Keren 2023, DSLNG juga mendukung pengembangan sektor pariwisata di wilayah Tiga Banggai, yakni Kabupaten Banggai, Kabupaten Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Banggai Laut dengan mendorong upaya promosi daerah di media sosial.
 
Rahmat yang juga salah satu juri tersebut menjelaskan bahwa Banggai Itu Keren bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kebanggaan publik di wilayah setempat untuk melestarikan keindahan alam.
 
"Sekaligus meningkatkan kreativitas dan kapasitas utamanya kalangan muda dalam menghasilkan karya video promosi pariwisata daerah yang berkualitas, yang muaranya sebagai bentuk kampanye kesadaran menjaga kelestarian lingkungan," terangnya.
 
Kompetisi karya video pendek dengan durasi satu sampai tiga menit ini akan dibuka mulai 14 Januari hingga 31 Maret mendatang dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari bumi sedunia pada 22 April nanti.
 
Setiap karya video yang diperlombakan dalam format landscape wajib diunggah ke akun media sosial pribadi peserta di tiga platform yakni Instagram (reels), TikTok, dan Youtube.
Juri dalam alomba ini yakni legenda fotografi nasional Arbain Rambey, Chief Editor National Geographic Indonesia Didi Kaspi Kasim, dan kontributor National Geographic Indonesia di Sulteng dan anggota PFI Palu Joshua Marunduh.
 
Ketua PFI Palu Ilham Nusi menambahkan, Banggai Itu Keren juga memiliki maksud untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah setempat dari pengembangan sektor wisata berbasis alam yang menjadi kekuatan karakter pariwisata di kawasan Timur Sulteng.
 
Joshua Marunduh, perwakilan Juri dari PFI Palu menjelaskan, karya video pendek boleh menggunakan musik yang tidak melanggar hak cipta, dan diperbolehkan menggunakan musik yang disediakan oleh platform media sosial.
 
Adapun hadiah total yang akan diperoleh untuk tujuh pemenang sebesar Rp30 juta, dimana juara pertama akan meraih hadiah Rp8 juta, juara kedua Rp6 juta, juara ketiga Rp5 juta, juara keempat Rp4 juta, juara kelima Rp3 juta, juara keenam Rp2,5 juta, dan juara ketujuh Rp1,5 juta. 
 
"Semua informasi persyaratan secara teknis, berupa syarat dan ketentuan lomba, alur registrasi, narahubung panitia dan contoh surat pernyataan keaslian karya video, bisa diakses melalui tautan bit.lyPendaftaranBanggaiItuKeren2023," kata Josua.