Sulteng berhasil rebut tiket taekwondo PON XX

id Ketua KONI Sulteng

Sulteng berhasil rebut tiket taekwondo PON XX

Ketua Umum KONI Sulteng, Drs Anwar Ponulele MSi (tengah) saat penutupan Porprov VIII di pusatkan di Kantor Bupati Parimo, Selasa. (Antara/Anas Masa)

Ini awal prestasi yang membanggakan bagi Sulteng di PON XX/20
Palu (ANTARA) - Sejumlah atlet cabang olahraga taekwondo Sulawesi Tengah yang berlaga di Kejurnas dan Prakualifikasi PON di Jabar berhasil merebut tiket PON XX yang dijadwalkan berlangsung di Provinsi Papua pada Oktober 2020.

"Ini awal prestasi yang membanggakan bagi Sulteng di PON XX/20," kata Ketua Umum KONI Sulteng Anwar Ponulele di Palu, Senin menanggapi keberhasilan atlet di Kejurnas dan babak kualifikasi PON yang berlangsung di Jabar baru-baru ini.

Di Kejurnas dan Prakulifikasi PON XX Jabar, beberapa atlet putra dan putri Sulteng tampil mengagumkan dengan mempersembahkan medali emas, perak dan perunggu.

Menurut dia, keberhasilan itu akan memacu semangat atlet untuk kembali mengukir prestasi cemerlang di even empat tahun sekali yang akan berlangsung di bumi Papua.

Berdasarkan hasil prakualifikasi, cabang taekwondo Sulteng dipastikan merebut tiket pada tujuh nomor yang akan dipertandingkan di PON XX/20.

Baca juga : Sulteng berharap bisa rebut tiket panahan PON 2020

Anwar mengatakan taekwondo termasuk cabang andalan Sulteng di PON. "Kita sangat berharap semua cabang unggulan mampu mempersembahkan medali," kata dia.

Jika masing-masing cabang yang merebut medali di prakualifikasi bisa mempertahankan prestasi di PON XX, peringkat Sulteng kemungkinan besar akan naik ke posisi lebih bagus.

Di PON XIX Jabar, Sulteng hanya berada di peringkat 32 dengan merebut 11 medali terdiri perak dan perunggu. "Kita upayakan di PON XX atlet Sulteng bisa merebut medali emas. Dan jika itu bisa terwujud,niscaya peringkat kita akan naik ke posisi lebih terhormat lagi," ujar Anwar.

Sejumlah cabang yang sudah meraih tiket ke PON antara lain, sepak takraw putri, binaraga dan balap sepeda.

Sementara cabang-cabang unggulan di PON terdiri karate, pencaksilat, binaraga, tinju, taekwondo, sepak takraw, tinju, atltetik dan dayung.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan cabang lain yang tidak termasuk dalam daftar cabang unggulan mampu mengukir prestasi di PON.