KONI Sulteng harap atlet ukir prestasi di kejurnas judo

id Koni, judo,harap

KONI Sulteng harap atlet ukir prestasi di kejurnas judo

Dokumentasi - Cabang olah raga judo (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Saya optimistis atlet Sulteng akan mengukir prestasi di kejurnas ini
Palu (ANTARA) - Ketua Umum KONI Provinsi Sulawesi Tengah, Anwar Ponulele berharap atlet tuan rumah yang akan berlaga di Kejuaraan Nasional cabang olahraga judo antar PPLP/PPLPD dan SKO yang berlangsung di Palu, 17-20 Oktober 2019, mampu mengukir prestasi cemerlang di daerahnya sendiri.

"Ini kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan atlet untuk tampil maksimal guna mengukir prestasi," katanya di Palu, Kamis.

Ia mengatakan peluang atlet Suteng di kejurnas kali ini sangat besar, sebab bertanding di kandang sendiri dengan dukungan penuh masyarakat yang ada di daerah ini.

Karena itu, atlet tuan rumah harus bisa menunjukkan kemampuanya di kejuaraan tersebut.

Memang, kata dia, untuk bisa mengukir prestasi butuh kerja keras dn latihan yang matang. Di kejurnas tentu setiap atlet dari daerah ingin tampil terbaik agar bisa meraih medali.

Kejurnas kali ini dilaksanakan di Kota Palu dan harus dimanfaatkan dengan baik oleh para atlet tuan rumah untuk meraih medali pada event ini.

Anwar mengatakan judo merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki catatan bagus selama pelaksanakan pekan olahraga nasional (PON).

Pada PON XX yang akan berlangsung Oktober 2020 di Provinsi Papua, Sulteng sangat berharap cabang judo mampu meraih tiket dan medali.

Kejurnas judo di Palu merupakan tolok ukur bagi atlet-atlet Sulteng untuk mengukir prestasi terbaik di PON XX.

Selain judo, KONI Sulteng juga telah menetapkan beberapa cabang andalan antara lain dayung, karate, tinju, binaraga, sepaktakraw, dan pencaksilat.

Namun, tidak menutup kemungkinan cabang lain yang tidak diandalkan justru mampu meraih medali di PON XX/20.

Baca juga : Sulteng berhasil rebut tiket taekwondo PON XX

Ketua KONI Sulteng, Anwar meminta atlet yang sudah dipastikan merebut tiket ke PON XX untuk tetap giat melakukan latihan secara rutin sampai masuk pada pemusatan pelatihan daerah (pelatda) yang akan dilaksanakan KONI.

Dia mengaku sudah ada beberapa atlet dari sejumlah cabang olahraga yang telah selesai melaksanakan prakualifikasi dan berhasil merebut tiket seperti cabang sepaktakraw putri, balap sepada dan binaraga.

Sementara pelatih judo PPLP Sulteng, Dedy Lawide mengatakan atlet binaannya sudah siap bertarung menghadapi lawan-lawan di kejurnas itu.

"Saya optimistis atlet Sulteng akan mengukir prestasi di kejurnas ini," kata dia.

Menjawab pertanyaan, Dedy mengatakan tidak memberi target, kecuali mendorong atlet untuk tampil maksimal.

Kalau mereka berhasil merebut medali, itu suatu prestasi mengagumkan dan niscaya mereka mampu menggapainya untuk mengharumkan nama Sulteng di kejurnas kali ini yang diselenggarakan di Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.

PPLP cabang olahraga judo sudah terbentuk sejak beberapa tahun terakhir ini dan telah berhasil melahirkan atlet-atlet beprestasi di tingkat nasional.