Bupati apresiasi PT Bayer bantu pulihkan Sigi

id BUPATI SIGI,SIGI,BAYER,MERCY CORP INDONESIA,GEMPA SIGI

Bupati apresiasi PT Bayer bantu pulihkan Sigi

Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, Direktur Bayer Indonesia Mohan Babu dan Direktur Eksekutif Yayasan Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis memanen jagung bantuan Bayer dan Mercy Corps Indonesia di Desa Kalawara, Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi, Jumat. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Tugas kami memastikan bantuan Bayer mencapai target sasaran sehingga masyarakat Sigi terutama petani bisa segera pulih dari situasi kritis pascabencana dan meningkatkan kualitas hidup mereka
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohammad Irwan Lapatta mengapresiasi PT Bayer dan Yayasan Mercy Corps Indonesia yang terlibat langsung membantu pemulihan Sigi di sektor pertanian, setelah daerah itu terdampak gempa dan likuefaksi 28 September 2018.

"Saya secara pribadi, atas nama masyarakat Sigi dan Pemerintah Kabupaten Sigi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bayer dan Mercy Corps Indonesia yang telah bekerjasama membantu memulihkan Sigi," kata Irwan di Sigi, Jumat.

PT Bayer memberikan bantuan instalasi sumur dan mesin pompa air, serta pendampingan teknis agronomi bagi para petani Sigi. 

Dukungan Bayer tersebut, berhasil membawa petani Sigi memanen jagung pipilan perdana sebanyak 7,9 ton/hektare. 

Baca juga: Irigasi Gumbasa mulai airi sawah, penyintas bencana butuh bantuan benih padi
Baca juga: Penyintas bencana di Jono Oge-Sigi dapat bantuan 100 hunian bertumbuh


Dukungan tersebut merupakan bantuan tahap final dengan nilai keseluruhan Rp2,3 miliar.

Irwan mengemukakan bantuan fasilitas pengairan dan pendampingan teknis pertanian, serta pengadaan air bersih dan fasilitas sanitasi sangat membantu pemulihan Sigi khususnya di sektor pertanian.

Direktur Bayer Indonesia Mohan Babu mengatakan Bayer sangat sangat memahami pentingnya peningkatan kualitas hidup masyarakat yang terdampak bencana termasuk di Kabupaten Sigi.

Di Sigi Bayer fokus pada penanggulangan di sektor kesehatan dan pertanian yang merupakan kesesuaian intervensi dengan keahlian yang dimiliki.

Pada tahap awal bantuan Bayer berupa air bersih dan peralatan sanitasi telah menyentuh 30 persen atau 32.000 jiwa dari total pengungsi 93.187 jiwa. 

Kemudian, pada tahap final, instalasi mesin pompa air dan sumur dari Bayer telah berhasil mengairi 300 hektare lahan pertanian.

Bayer bekerjasama dengan Yayasan Mercy Corps Indonesia membantu memulihkan Sigi pascabencana gempa dan likuefaksi pada sektor keesehatan, pertanian dan peningkatan kapasitas masyarakat untuk pengurangan risiko bencana.

"Tugas kami memastikan bantuan Bayer mencapai target sasaran sehingga masyarakat Sigi terutama petani bisa segera pulih dari situasi kritis pascabencana dan meningkatkan kualitas hidup mereka," kata Direktur Eksekutif Yayasan Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis.

Bayer melalui Mercy Corps Indonesia mendistribusikan 48 pompa air dan membangun sumur dangkal untuk menunjang kegiatan petani di sembilan desa di Sigi meliputi Desa Jono Oge, Kalawara, Sidondo III, Sidondo IV, Maku, Maranata, Sibowi, Sibalaya Utara, Sibalaya Selatan.
 
Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta, Direktur Bayer Indonesia Mohan Babu dan Direktur Eksekutif Yayasan Mercy Corps Indonesia, Ade Soekadis memberikan keterangan kepada wartawan dalam jumpa pers usai panen jagung perdana bantuan Bayer dan Mercy Corps Indonesia, di Desa Kalawara, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Jumat 24/1. (ANTARA/Muhammad Hajiji)
 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar