Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memulai kegiatan pemusatan latihan dan pendidikan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) tingkat Provinsi Sulteng tahun 2024.
 
Asisten III Bidang Administrasi Umum M. Sadly Lesnusa di Palu, Senin, mengatakan program Paskibraka sebagai program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.
 
"Tujuan program Paskibraka adalah program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila," kata M. Sadly Lesnusa pada peresmian pemusatan pelatihan dan pendidikan calon Paskibraka 2024.
 
Kegiatan pemusatan pelatihan dan pendidikan calon Paskibraka tingkat Provinsi Sulteng tahun 2024 ini diikuti oleh 24 putri dan 28 putra terbaik se-kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Tengah.
 
Sadly mengatakan momentum tersebut menjadi momen yang sangat penting dalam persiapan calon Paskibraka provinsi ini.
 
Menurut dia, penting untuk mempersiapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental calon Paskibraka agar dapat menjalankan tugas dengan maksimal pada peringatan HUT ke-79 RI tingkat Provinsi Sulteng.
 
Lanjut dia, dengan kerja keras, disiplin dan semangat kebangsaan yang tinggi, para generasi muda tersebut akan mampu menjadi duta bangsa.
 
"Saya yakin dengan kerja keras, disiplin dan semangat, kalian akan mampu menjadi duta bangsa yang siap mengibarkan Bendera Merah Putih dengan penuh kebanggaan," ujarnya.
 
Ia juga mengatakan para pemuda yang terpilih sebagai Paskibraka harus dapat menjadikan Pancasila sebagai habituasi dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
Karena itu, dia mengajak seluruh pelatih, pembina dan pihak yang terlibat untuk dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang maksimal kepada para calon Paskibraka.
 
"Dan menjadikan acara ini sebagai ajang pembelajaran, pengalaman berharga, dan membuat setiap tantangan dan hambatan sebagai peluang untuk tumbuh dan berkembang," ujarnya.
 
Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap kesungguhan dan semangat para calon Paskibraka dalam mengikuti pelatihan dan pendidikan menuju penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI Tahun 2024.

Pewarta : Nur Amalia Amir
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024