Buol (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah meningkatkan kualitas data-data desa untuk dimanfaatkan bagi pembangunan daerah itu.

Kepala Bidang Hubungan Media Diskominfo Buol Ismail di Buol, Minggu, mengemukakan Desa Mendaan di Kecamatan Karamat meluncurkan website desa yang merupakan hasil kolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS), Diskominfo dan pemerintah desa setempat.
 
"Peluncuran website desa ini sejalan dengan program Desa Cantik yang digagas oleh BPS Kabupaten Buol dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas data desa dan pemanfaatannya dalam pembangunan," kata Ismail.
 
Ia mengatakan dengan adanya website desa itu dapat memberikan informasi mengenai potensi desa, program pembangunan, serta berbagai kegiatan masyarakat dapat diakses secara mudah dan transparan oleh seluruh lapisan masyarakat.
 
"Website desa ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan desa yang cerdas dan informatif," ucapnya.
 
Ia berharap dengan website ini masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa dan memperoleh informasi yang akurat dan terkini.
 
Menurut dia Pemerintah Desa Mendaan akan senantiasa mengembangkan website-nya dengan menambahkan fitur-fitur baru yang lebih interaktif dan bermanfaat bagi masyarakat.
 
"Kami berharap website desa ini dapat menjadi sarana untuk mempererat hubungan antara pemerintah desa dan masyarakat, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan desa," sebutnya.
 
Sementara itu Ketua Tim Pembinaan Desa Cantik BPS Kabupaten Buol Siti Setianingsih menjelaskan bahwa kolaborasi dengan Diskominfo setempat sangat penting dalam menyukseskan program Desa Cantik di Kabupaten Buol.
 
"Dengan adanya website desa, data-data yang telah kami kumpulkan dapat disebarluaskan secara efektif kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa tersebut, " ujarnya.

Pewarta : Moh Salam
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024