Palu (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Banggai, Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan latihan simulasi sistem pengamanan markas komando (sispam mako) dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personel pengamanan Pilkada 2024.
 
"Simulasi sispam mako ini bertujuan melatih seluruh personel Polres Banggai agar sigap dan cekatan dalam situasi kontijensi sewaktu-waktu selama pelaksanaan pilkada serentak," kata Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Banggai AKP I Made Bagus Aditya dalam keterangannya diterima di Palu, Rabu.
 
Ia mengatakan simulasi pelatihan ini bertujuan membekali personel agar memiliki kemampuan taktik dan teknik dalam operasi pengamanan markas komando.
 
Menurut dia, simulasi pelatihan sispam mako ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam melakukan antisipasi berbagai bentuk serangan ataupun ancaman fisik terhadap Markas Polres Banggai.
 
Selain itu, kata dia, pengecekan kesiapsiagaan personel, sarana dan prasarana dalam pengendalian massa juga dilakukan dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada 2024.
 
"Latihan ini sangat perlu guna memberikan gambaran apabila terjadi hal-hal yang berhubungan dengan keamanan markas komando, serta mencegah upaya pengrusakan maupun serangan fisik terhadap Mapolres Banggai," ujarnya.
 
Adapun pelaksanaan simulasi sispam mako ini diawali dengan personel mendengar alarm menandakan situasi genting, selanjutnya para personel segera mengambil posisi yang ditentukan guna bersiaga menghadapi kemungkinan situasi yang akan terjadi.
 
Melalui pelatihan ini, I Made Bagus mengatakan pihaknya berkomitmen dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polres Banggai selama pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 berlangsung.

Pewarta : Nur Amalia Amir
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024