Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meraih penghargaan kategori Pemerintah Cerdas Berkarakter tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 
"Alhamdulillah, penghargaan ini diperoleh berkat kerja sama seluruh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah," kata Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Sulteng Novalina dalam keterangan tertulisnya diterima di Palu, Kamis.
 
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Inspektur Jenderal Kemendikbud Chaterina Muliana yang diterima langsung oleh Pjs Gubernur Sulteng pada acara Apresiasi Cerdas Berkarakter Tahun 2024, sebagai puncak dari rangkaian kegiatan Pekan Sahabat Karakter (Pusaka) Tahun 2024 di Jakarta, Selasa (8/10).
 
Novalina menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulteng, khususnya kepada jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Sulteng yang telah bekerja sama dan berkomitmen membangun lingkungan pendidikan yang baik dan aman.
 
Pemprov Sulteng, katanya, terus berkomitmen dalam mengimplementasikan pendidikan karakter Pancasila, pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan sekolah demi membangun masa depan yang lebih baik bagi anak-anak bangsa.
 
"Mari terus berkolaborasi dan bergerak bersama untuk pendidikan Indonesia," ujarnya.
 
Sementara itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa berbagai upaya yang dilakukan para pemangku kepentingan telah membuahkan hasil positif, dalam upaya untuk memberantas perundungan, kekerasan seksual, intoleransi atau diskriminasi di lingkungan pendidikan.
 
Mendikbudristek berharap agar penghargaan yang terima menjadi pemicu semangat dalam mencegah dan menangani setiap bentuk kekerasan di lingkungan pendidikan.
 
“Mari kita menguatkan gotong royong untuk mewujudkan sekolah dan kampus yang aman dan nyaman," ujarnya.
 
Adapun para penerima penghargaan Apresiasi Cerdas Berkarakter untuk kategori Pemerintah Provinsi Cerdas Berkarakter, yakni Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Pewarta : Nur Amalia Amir
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024