Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola meminta seluruh warga yang memiliki hak pilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna memberikan suaranya dalam Pemilu dan Pilpres 17 April 2019.

“Datanglah ke TPS, gunakan hak pilih dengan baik, jujur dan adil, jangan sampai ‘golput’,” katanya pada upacara peringatan HUT ke-55 Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Sabtu.

Kepada aparatur sipil negara, gubernur meminta agar ASN menjaga integritas dan profesionalismenya dengan menjunjung tinggi netralitas berdasarkan ketentuan peraturan perudang-undangan selama berlangsungnya pemilu.

“ASN tidak boleh berpolitik praktis yang mengarah pada keberpihakan, berafiliasi dengan partai politik serta membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan dan/atau merugikan calon tertentu,” ujarnya.

Kepada penyelenggara pemilu, pengawas dan aparat keamanan agar bersungguh-sungguh memelihara dan menegakkan etika penyelenggaraan pemilu dengan bertindak jujur, netral, transparan dan profesional.

“Tiap suara harus dijaga agar tidak dimanipulasi, digelembungkan atau dikurangi,” ujarnya dengan menyebut bahwa penyelenggara pemilu akan menjadi sasaran godaan, intervensi, intimidasi dari berbagai pihak untuk memenangkan salah satu peserta.

Kepada seluruh pemangku kepentingan, tokoh agama, masyarakat dan tokoh adat, diharapkan menjaga proses pemilu serentak ini agar berjalan aman, tertib, jujur, adil dan demokratis.

“Dengan demikian, apapun hasil pemilu nanti, dapat kita terima dan memperkokoh persatuan dan kesatuan serta keutusan bangsa,” ujarnya.

 


Pewarta : Muhammad Arshandi
Editor : Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2024