Buol terpilih jadi tuan rumah Porprov IX 2022

id koni

Buol terpilih jadi tuan rumah Porprov IX 2022

Ketua Umum KONI Provinsi Sulteng Anwar Ponulele MSi. (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Kabupaten Buol, salah satu daerah  Provinsi Sulawesi Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo, terpilih menjadi  tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinisi (Poprov)  IX se-Sulawesi Tengah tahun 2022.

Ketua Umum KONI Provinsi Sulteng Anwar Ponulele di Palu, Senin mengatakan Kabupaten Buol  terpilih sebagai  tempat penyelenggaraan Porprov itu melalui hasil rapat kerja KONI yang diikuti seluruh KONI kabupaten/kota dan pengprov serta pengcab  olahraga se-Sulteng, yang berlangsung 13-14 Maret 2020 .

Terpilinya Kabupaten Buol sebagai tuan rumah Porprov dengan meraih 39 suara mengalahkan Kabupaten Tojo Una-Una yang mendapatkan 27 suara melalui pemilihan berlangsung secara demokrasi.

Anwar mengatakan sudah lama Buol mengajukan permohonan untuk bisa menjadi tuan rumah, tetapi selalu kalah bersaing dengan daerah lainnya.

Ketua KONI Anwar Ponulele menambahkan pelaksanaan porprov di Sulteng selalu dilakukan secara bergilir di seluruh kabupaten/kota. "Tapi dengan catatan harus menyiapkan sarana dan fasilitas yang dibutuhkan secara memadai," ujarnya.

Dalam pemaparan di hadapan peserta raker KONI se-Sulteng, Ketua KONI yang juga wakil Bupati Buol Abdullah Batalipu menyakinkan bahwa daerahnya sudah siap untuk menjadi tuan rumah kegiatan olahraga rutin empat tahun sekali itu.

Ia menjelaskan Pemerintah Kabupaten Buol terus menggenjot pembangunan beberapa fasilitas venue dan diharapkan semua infranstruktur kebutuhan Porprov itu akan rampung sebelum pelaksanaan Porprov IX pada 2022.

Tuan rumah Porprov XVIII sebelumnya adalah Kabupaten Parigi Moutong berlangsung pada 2018 dan telah melahirkan atlet-atlet berprestasi dari seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.

Atlet yang berhasil mengukir prestasi di Porprov XVIII kemudian mewakili cabang masing-masing berlaga di prakualifikasi PON dan akhirnya ada 22 cabang dan 94 atlet yang dipastikan berlaga di PON XX yang dijadwalkan berlangsung di Papua pada Oktober 2020.

Dan pada PON XX, Sulteng menargetkan minimal bisa merebut lima medali emas untuk meningkatkan peringkat dari urutan ke-32 perolehan medali naik ke posisi 20an. "Itu target kita dan niscaya dengan bekerja keras dan persiapan yang baik, target bisa terpenuhi," harap Ketua KONI Sulteng Anwar Ponulele.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar