Bos Amazon diperkirakan menjadi triliuner pertama dunia

id Jeff Bezos,Amazon,triliuner,perusahaan teknologi

Bos Amazon diperkirakan menjadi triliuner pertama dunia

Presiden dan CEO Amazon, dan pemilik The Washington Post, Jeff Bezos, menjadi pembicara dalam "Milestone Celebration Dinner" yang digelar Economic Club of Washington DC di Washington, AS, pada 13 September 2018. (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah perusahaan publik, seperti Apple, Amazon dan Microsoft telah mencapai nilai triliunan dolar dalam hal kapitalisasi pasar, meski begitu belum satu orang pun yang menyandang predikat triliuner.

Namun kini, menurut analis Comparsiun, dikutip dari laman Gadget 360, Minggu, bos Amazon Jeff Bezos diperkirakan akan menjadi triliuner pertama di dunia pada 2026.

Bezos saat ini adalah orang terkaya di planet ini dengan kekayaan bersih 144 miliar dolar AS. Analis itu juga menyebutkan pemimpin Reliance Industries, Mukesh Ambani, yang saaat ini memiliki kekayaan bersih 52,4 miliar dolar AS juga diperkirakan akan menjadi triliuner pada usia 75 tahun--saat ini 63 tahun.

Menurut analis Comparsiun, Jeff Bezos, yang saat ini merupakan salah satu dari dua orang dengan kekayaan bersih lebih dari 100 miliar dolar AS, kekayaan bersihnya akan tumbuh rata-rata sebesar 37 persen selama lima tahun terakhir. Berdasarkan data ini, Bezos diperkirakan menjadi seorang triliuner di usia 62 tahun, pada 2026.

Orang lain yang memiliki kekayaan lebih dari 100 miliar dolar AS adalah pendiri Microsoft, Bill Gates. Namun, namanya tidak masuk dalam daftar orang yang akan menjadi triliuner.

Menariknya, analis itu mengatakan bahwa pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, bisa menjadi triliuner pada usia lebih muda daripada Jeff Bezos. Pada tingkat pertumbuhan kekayaannya saat ini, Zuckerberg bisa menjadi triliuner di usia 51 tahun, pada 2036.

Sementara, Mukesh Ambani, yang beralih ke bisnis telekomunikasi dengan Jio dalam beberapa tahun terakhir, menjadi satu-satunya orang India yang ada dalam daftar itu.

Ambani diperkirakan akan menjadi triliuner pada 2033 ketika dia berusia 75 tahun. Seperti disebutkan sebelumnya, kekayaan bersihnya saat ini 52,4 miliar dolar AS. Dia juga menjadi orang terkaya di luar AS dan Prancis, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Pendiri Alibaba, Jack Ma, juga masuk dalam daftar itu. Dia diperkirakan menjadi triliuner pada 2030 saat berusia 65 tahun. Pendiri Tencent, Ma Huateng, juga diperkirakan menjadi triliuner pada 2033.

Selain itu, mantan CEO Micorosoft, Steve Ballmer, pendiri Dell, Michael Dell, serta duo pendiri mesin pencari Google Larry Page dan Sergey Brin, juga masuk dalam daftar orang-orang yang diperkirakan akan menjadi triliuner, sebelum tahun 2040.

Sementara itu, banyak orang di media sosial yang mengkritik pertumbuhan kekayaan orang-orang super kaya tersebut, sementara dunia, terutama orang miskin menderita akibat pandemi COVID-19, menurut laporan USA Today.

Sebuah laporan baru-baru ini menyebutkan bahwa, sementara banyak orang yang penghasilannya menurun akibat penurunan kegiatan ekonomi di seluruh dunia, kekayaan Jeff Bezos justru tumbuh selama pandemi.
 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar