Lanal Palu ketambahan kapal patroli

id Lanal, ketambahan, kapal

Lanal Palu ketambahan kapal patroli

Kapal Angkatan Laut (KAL) Talise bersandar di Dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) Palu di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (6/7/2020). Kehadiran Kapal perang produksi dalam negeri yang dilengkapi dengan sejumlah sistem persenjataan itu akan menjalankan tugas dan fungsinya untuk memperkuat pertahanan dan mendukung Lanal Palu dalam patroli serta penegakan hukum di laut guna menjaga kedaulatan NKRI. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/pras.

Maka kita mendapat yang lebih baru lagi dari Mabes Angkatan Laut
Palu (ANTARA) - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palu di Kelurahan Watusampu, Kota Palu, Sulawesi Tengah, ketambahan satu unit kapal Armada Patroli laut yakni KAL Talise II-6-65. 

Komandan Lanal Palu, Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, Senin, di Palu mengatakan, KAL Talise II-6-65 adalah bantuan dari Mabes Angkatan Laut untuk mendukung operasional kerja Lanal Palu dalam menjaga situasi keamanan di wilayah perairan.

Ia mengatakan sebelumnya Lanal Palu mendapat dukungan operasional KAL Pasoso, namun rusak karena dihantam bencana tsunami 2018.

“Maka kita mendapat yang lebih baru lagi dari Mabes Angkatan Laut," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam menjaga keamanan laut Lanal Palu senantiasa menjalin sinergitas dengan instansi terkait, seperti Ditpolairud, bea cukai, KPLP, dan sejumlah instansi lainnya. 

Danlanal mengatakan, KAL Talise dan tiga armada Patkamla yang tersebar di wilayah kerja Lanal Palu, yakni Ampana, Luwuk dan Parigi Moutong. 

Ia menjelaskan, KAL Talise II-6-65 merupakan salah satu Kapal Angkatan Laut jenis Patroli Cepat Kelas 28 M yang diproduksi PT Palindo Marine Shipyard Batam - Indonesia.

Ia memaparkan, nama KAL Talise diambil dari sebuah nama pantai yang terletak di kawasan Teluk Palu membentang sepanjang 4,5 kilometer di Kota Palu.

Acara peresmian beroperasinya KAL Talise, dilaksanakan di Dermaga Lanal Palu, dihadiri Wali Kota Palu, Hidayat sekaligus mengukuhkan beroperasinya kapal tersebut di wilayah hukum perairan Lanal Palu.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar