Kemenag Sulteng: Pembinaan KBIHU di masa pandemi perlu

id Kemenag Sultengbar,Kanwil kemenag, rusman langke, ibadah haji

Kemenag Sulteng: Pembinaan KBIHU di masa pandemi perlu

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Rusman Langke. ANTARA/HO/Kemenag Sulteng

Palu (ANTARA) -
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah, Rusman Langke mengatakan pembinaan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dinilai perlu di masa pandemi COVID-19.

"Ini bagian dari penguatan layanan haji dan umrah kepada umat, meskipun masih dalam masa pandemi virus corona," kata Rusman saat menghadiri kegiatan pembimbingan KBIHU di Palu, Selasa.

Kegiatan tersebut berlangsung atas kolaborasi Kemenag dan Komisi VIII DPR RI sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada umat beragama, khususnya umat Islam dalam rangka menunaikan ibadah haji.

Dia mengemukakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan kebijakan penyelenggaraan ibadah haji, serta menyangkut kebijakan izin operasional KBIHU, termasuk evaluasi KBIHU di Sulteng mengenai pelayanan sesuai standar minimal.

"Pembinaan pascapandemi  COVID-19 untuk menjamin KBIHU berdasarkan standar pelayanan minimal sebagai bentuk pengendalian dan pengawasan," ucap Rusman.

Di samping itu, kata dia, pembinaan terhadap KBIHU juga untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

"Saya harap melalui kegiatan ini tingkat pelayanan terhadap pelaksanaan ibadah haji dan umrah akan lebih baik ke depan," katanya.