Satgas Madago Raya Polda Sulteng bakti sosial di Poso

id Operasi, buru, teroris

Satgas Madago Raya Polda Sulteng bakti sosial di Poso

Personel Satgas Operasi Madago Raya 2021, Polda Sulawesi Tengah saat mengelar bhakti sosial kepada masyarakat di Kabupaten Poso, di Poso, Kamis (14/1/2021).(ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng).

Madago Raya berarti baik hati, sesuai namanya, operasi ini diawali dengan kegiatan pengobatan gratis dan pemberian bantuan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu
Palu (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Madago Raya 2021, Polda Sulawesi Tengah, bhakti sosial kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Poso.

"Operasi Madago Raya tahap I 2021 di Kabupaten Poso dimulai dengan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan terlebih dimasa pandemi COVID-19 ini," kata Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol. Didik Supranoto, melalui keterangan tertulisnya yang dibagi kepada media di Palu, Jumat sore.

Ia menjelaskan, Operasi Madago Raya, merupakan pengganti dari istilah Operasi Tinombala, yaitu Satgas gabungan TNI-Polri mengejar sisa-sisa kelompok sipil bersenjata di wilayah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. 

"Madago Raya berarti baik hati, sesuai namanya, operasi ini diawali dengan kegiatan pengobatan gratis dan pemberian bantuan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu, yang dipimpin Kasatgas Bantuan Operasi Madago Raya Kombes Pol. dr. H. A. Budi Prasetijo, yang juga Kabbid Dokkes Polda Sulteng," katanya.

Ia mengatakan kegiatan sosial ini dilaksanakan di Desa Mekar Sari, Desa Tamadue, Desa Kalimago dan di Desa Sedoa, wilayah Kecamatan Lore Utara dan Lore Timur Kabupaten Poso, pada hari Rabu dan Kamis.

Ia mengungkapkan tercatat 80 orang yang hadir untuk mengikuti pengobatan gratis, 34 anak yang dikhitan gratis serta 50 paket sembako dibagikan.

Ia menjelaskan, Operasi Madago Raya 2021 tahap I tidak hanya melakukan penegakkan hukum dengan melakukan pencarian DPO MIT Poso saja, namun melakukan pembinaan masyarakat, deradikalisasi dan kontra radikal.

"Juga melakukan kegiatan yang dapat menyentuh dan meringankan beban masyarakat dengan bhakti sosial kesehatan dan membagikan sembako," tutupnya.