Kepala BPS Sulteng laporkan kendala sensus penduduk kepada Gubernur

id Bps-sensus

Kepala BPS Sulteng laporkan kendala sensus penduduk kepada Gubernur

Gubernur Sulteng Longki Djanggola (kiri) saat audiensi dengan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulteng Dumanggar Hutauruk (kanan) di ruang kerja Gubernur Sulteng di Palu, Rabu. (HO-Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulteng menerima audiensi Kepala BPS Sulteng Gubernur Sulteng Longki Djanggola didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Faisal Mang dan Kepala Badan Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sulteng Abd. Haris Yotolembah menerima kunjungan audiensi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulteng Dumanggar Hutauruk di ruang kerja Gubernur Sulteng di Palu, Rabu.

Pada kesempatan itu Kepala BPS Provinsi Sulteng Dumanggar Hutauruk menyampaikan hasil pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 daerah itu masih menghadapi banyak kendala.

Pelaksanaan sensus penduduk secara online masih memiliki kendala, antara lain sebagian masyarakat belum memiliki telepon genggam smartphone, sehingga tidak mencapai target dari kegiatan sensus penduduk tahun 2020.

Selain itu BPS dalam melakukan pendataan langsung kepada masyarakat juga memiliki kendala karena kondisi pendemi COVID-19.

"Dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini, masyarakat tidak mau bertemu dengan petugas sensus. Tapi kita bersyukur selama ini juga dibantu ketua RT (rukun tetangga) dan perangkat desa," ujarnya Dumanggar dalam rilis yang disampaikan Biro Humas Pemprov Sulteng.

 Pada kesempatan itu Kepala BPS Sulteng juga menyampaikan undangan Mendagri kepada Gubernur Sulteng untuk menghadiri pemaparan hasil Sensus Penduduk Tahun 2020 secara virtual.

Di tempat yang sama Kepala Badan Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sulteng Abdul Haris Yotolembah juga melaporkan bahwa sampai pertengahan tahun 2020, jumlah penduduk Sulawesi Tengah hampir mencapai tiga juta orang sesuai dengan nomor induk kependudukan (NIK).

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengapresiasi kinerja BPS yang sukses melakukan kegiatan sensus penduduk tahun 2020.

"Kita bersama sama dapat menyaksikan hasil sensus penduduk tersebut, besok (Kamis)," ujar Longki.