Enam pemuda-pemudi Banggai lolos ikut Operator Program Apprenticeship DSLNG

id DSLNG,BANGGAI

Enam pemuda-pemudi Banggai lolos ikut Operator Program Apprenticeship DSLNG

Enam pemuda-pemudi Kabupaten Banggai, yang lulus seleksi dan terpilih mengikuti Operator Program Apprenticeship (OPA) PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) menghadiri peresmian pembukaan program magang tersebut digelar Luwuk,  Selasa (2/2/2021). (ANTARA/HO-PT. DSLNG)

Program pemagangan itu merupakan bentuk kepedulian PT Donggi-Senoro LNG terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar daerah operasi perusahaan.
Palu (ANTARA) - Enam pemuda-pemudi Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, yang lulus seleksi dan terpilih mengikuti Operator Program Apprenticeship (OPA) PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) yang secara resmi berlangsung mulai 1 Februari 2021 hingga 31 Januari 2022.

Peresmian pembukaan program tersebut digelar di Luwuk, ibu kota Kabupaten Banggai  Selasa (2/2), yang dihadiri peserta OPA ini dari para lulusan perguruan tinggi di bidang yang berkaitan dengan operasi industri migas. Mereka telah lolos tahapan seleksi dari 121 peserta yang mendaftar.

Operation Director DSLNG, Betantyo Madyantoro, yang hadir pada acara pembukaan secara virtual tersebut mengucapkan selamat kepada para peserta yang lolos dalam program pemagangan tahun 2021 itu.

Ia menjelaskan bahwa program pemagangan ini merupakan bentuk kepedulian PT Donggi-Senoro LNG terhadap lingkungan dan masyarakat di sekitar daerah operasi perusahaan. Program pemagangan itu diselenggarakan terbuka untuk putra-putri Kabupaten Banggai, yang minimal berijazah diploma III (D3) jurusan teknik.

"Nantinya setelah menyelesaikan program ini, peserta magang diharapkan terlatih dan siap memasuki dunia kerja, khususnya yang berkaitan dengan industri minyak dan gas bumi," ujarnya.

Baca juga: Operasi Obyek Vital Nasional Kilang DSLNG tetap ikuti protokol kesehatan

Ia menjelaskan DSLNG merupakan perusahaan LNG keempat di Indonesia. Beberapa perusahaan serupa, yakni Arun di Aceh, Bontang di Kalimantan Timur, dan Tangguh di Papua Barat.

Berbeda dengan proyek LNG lainnya di Indonesia, kata dia, DSLNG merupakan proyek LNG Indonesia pertama yang dikembangkan sebagai bisnis hilir.

"Perbedaan lainnya adalah DSLNG hanya memiliki satu train proses atau unit pengolahan, tidak seperti kilang-kilang LNG lainnya yang mempunyai multi train LNG," ujarnya.

Ia menjelaskan Train tunggal ini menghasilkan sekitar dua juta ton LNG per tahun. Dengan kondisi satu train atau train tunggal itu, sejak awal DSLNG telah menarik dan mengembangkan orang-orang terbaik yang berpengalaman di bidangnya.

“Kami percaya bahwa kompetensi sangat penting dalam menjaga keunggulan operasional kilang,” tutur Madyantoro dalam sambutannya secara virtual dari Jakarta.

PT DSLNG bertekad mengembangkan potensi dan keterampilan pekerja dalam mencapai level optimal berdasarkan kompetensi inti, khususnya di bidang operasi.

“Kami bertekad untuk menjadi salah satu kilang LNG kelas dunia,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa program pemagangan tersebut dikembangkan bersama-sama antara Divisi Sumber Daya Manusia dan Divisi Operasi di lingkup PT. DSLNG.

Dalam pelaksanaannya, lanjut dia, DSLNG bekerja sama dan berkolaborasi dengan PT Petrotekno, yang telah terakreditasi dan tersertifikasi dalam melaksanakan pelatihan.

Dengan pola kerja sama, program ini didukung tenaga pelatih, dan pembimbing yang telah berpengalaman, serta ditunjang sarana dan prasarana yang memadai.

“Tujuan utama melalui program pemagangan ini adalah mempersiapkan tenaga kerja muda untuk menghadapi dunia kerja, khususnya di bidang gas alam yang dicairkan atau LNG," ujarnya.

Selain itu juga membangun kompetensi tenaga kerja muda Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Banggai.


"Kami berharap program ini mampu memberikan sumbangan yang berarti bagi pemuda dan pemudi di Kabupaten Banggai, sesuai komitmen kami untuk memberikan konstribusi positif bagi lingkungan sekitar,” paparnya.
 
Enam pemuda-pemudi Kabupaten Banggai, yang lulus seleksi dan terpilih mengikuti Operator Program Apprenticeship (OPA) PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) menghadiri peresmian pembukaan program magang tersebut digelar Luwuk,  Selasa (2/2/2021). (ANTARA/HO-PT. DSLNG)

Baca juga: DSLNG gelar Lokakarya Program Kemitraan

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Helena Padeatu dalam sambutannya secara virtual menyambut baik program pemagangan operator DSLNG.

Ia mengatakan Kabupaten Banggai cukup menarik minat investor pertambangan, baik minyak dan gas alam. Olehnya masyarakat membutuhkan program pemagangan, sehingga bisa berpartisipasi dalam menyambut peluang datangnya investasi yang begitu besar di daerah ini.

Ia menjelaskan pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu, dalam suatu lembaga pelatihan yang bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur yang berkompetensi.

"Lebih khusus dalam hal ini, instruktur yang menguasai proses produksi di perusahaan, sehingga peserta dapat menguasai keterampilan atau keahlian tertentu," ujarnya.

Pada prinsipnya, kata dia, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai sangat mendukung program pemagangan DSLNG.

"Hal ini sudah sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, dan kebutuhan sumber daya manusia di perusahaan," ujarnya.

Mengacu pada Permenaker Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan Dalam Negeri, ia berharap DSLNG tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai.

Selain itu juga melaporkan setiap perkembangan program pemagangan tersebut kepada Dinas Nakertrans, sebagai fungsi pembinaan yang dapat dievaluasi bersama untuk keberlanjutan program ke lainnya.

Sementara itu, Human Resources Development Manager DSLNG Tommy Arihandono menuturkan pihaknya telah menerima dan melakukan penjaringan terhadap 121 orang yang berasal dari Kabupaten Banggai melalui tahapan seleksi. Tahapan tersebut meliputi, tes psikologi, kemampuan berbahasa Inggris, tes pengetahuan teknis, dan diakhiri tes kesehatan. 

Baca juga: DSLNG kembali bantu alat Rapid Test ke Pemkab Banggai

“Dari penjaringan itu, terpilih enam orang sebagai peserta,” tuturnya. Dalam program ini peserta akan menjalani praktik selama 12 bulan. Selama program pemagangan, peserta akan mempelajari kompetensi terkait profesi dan lingkup kerja operator DSLNG.
 
Nantinya diharapkan para peserta program bisa memahami posisi tersebut. Serta memiliki kemampuan melakukan operasi produksi, mengontrol sistem, mengontrol dehidrasi dan, mengontrol produksi dalam hal pemisahan LNG dan kondensat, mengontrol penyimpanan LNG dan kondensat, serta pemuatannya ke kapal.
“Dan tak kalah penting mampu bekerja sama dalam kelompok, menyelesaikan permasalahan, dan berkomunikasi dengan teman kerja lainnya,” paparnya. 

Selama masa pemagangan para peserta akan didampingi pembimbing dan instruktur berpengalaman. 

“Bekerja sama dengan PT Petrotekno, DSLNG memberikan pengalaman belajar dan praktik bermanfaat bagi para peserta, serta pengalaman bagaimana bekerja di perusahaan LNG,” tuturnya. 

Pelatihan akan dilaksanakan di Cianjur Jawa Barat, lalu akan dilanjutkan dengan on job training atau pelatihan kerja, langsung di kilang DSLNG di Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai. (Sumber: Humas DSLNG)

Baca juga: Enam pemuda Banggai terpilih ikuti OPA PT. DSLNG
 
PT Donggi-Senoro LNG menggelar Lokakarya Program Pengembangan Hubungan Kemasyarakatan melalui Rumah Pendampingan Bonua, Senin (26/10) di Luwuk. (Foto dokumentasi DSLNG)