Dubes Tantowi Yahya: Papua bakal tampil lebih pada Pasific Exposition 2021

id Pasific Exposition, Papua, Pemprov Papua

Dubes Tantowi Yahya: Papua bakal tampil lebih pada Pasific Exposition 2021

Rapat bersama antara Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya dan Pemprov Papua secara virtual (ANTARA News Papua/HO-Humas Pemprov Papua)

Jayapura (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya optimistis Provinsi Papua akan lebih banyak tampil dalam pelaksanaan Pasific Exposition 2021.

"Saya optimis Papua akan lebih tampil kali ini, respons Wakil Gubernur Papua luar biasa," kata Dubes Tantowi Yahya melalui pesan singkat kepada Antara di Jayapura, Kamis.

Menurut Tantowi, dalam pertemuan virtual Wakil Gubernur Papua bahkan menawarkan beberapa produk unggulan untuk ditampilkan di ekspo, seperti Buah Merah yang sangat bermanfaat selain kopi.

"Beliau (Wakil Gubernur Papua) juga melihat potensi pariwisata Papua yang bisa ditawarkan ke Pasifik," ujarnya.

Dia menjelaskan Pasific Exposition yang dilaksanakan pada 2019 berhasil meningkatkan kepedulian masyarakat di kawasan Pasifik bahwa Indonesia adalah bagian di dalamnya dan telah menciptakan interaksi masyarakat Indonesia Timur dengan negara-negara Pasifik, serta menghasilkan transaksi ekspor Indonesia sebesar 70,3 juta dolar AS.

"Pasific Exposition menjadi salah satu tool bagi Indonesia sebagai negara anggota G-20 yang sangat dapat berperan di Pasifik serta bagian diplomasi politik berbasis ekonomi dan budaya yang menyatakan kokohnya identitas kepasifikan Indonesia serta bagian dari rencana aksi komprehensif kerja sama Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Selandia Baru," katanya lagi.

Pasific Exposition 2021 akan didukung penuh oleh Pemerintah Selandia Baru dan Pemerintah Australia serta dihadiri oleh tiga kepala negara, enam menteri luar negeri, 14 menteri teknis serta pimpinan dan anggota parlemen, juga akan diikuti oleh BUMN dan perusahaan terkemuka dari Indonesia, Australia serta Selandia Baru.

Kegiatan dua tahunan yang dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 ini akan dilaksanakan dengan dua metode yaitu secara virtual dan luring di Wellington, Selandia Baru.  Pemerintah Provinsi Papua sebagai salah satu dari lima provinsi di Indonesia Timur turut serta mewakili Pemerintah Indonesia pada ajang bergengsi ini.

 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar