Prancis ditahan Hungaria 1-1

id Piala Eropa 2020,Hungaria vs Prancis,Grup F Euro 2020

Prancis ditahan Hungaria 1-1

Para pemain Hungaria merayakan keberhasilan mereka menahan seri juara dunia Prancis 1-1 dalam pertandingan kedua di Grup F EURO 2020 melawan Prancis di Puskas Arena di Budapest pada 19 Juni 2021. (AFP/FRANCK FIFE)

Jakarta (ANTARA) - Hungaria secara mengejutkan unggul lebih dulu lewat gol Attila Fiola atas juara dunia Prancis dalam pertandingan Grup F Euro 2020 yang mendebarkan pada Sabtu malam di Stadion Puskas Arena di Budapest yang disesaki penonton, tetapi Antoine Griezmann menyamakan gol sampai kedudukan laga ini berakhir 1-1.

Hasil ini membuat Prancis mengemas empat pon sehingga untuk sementara memuncaki grup ini sampai Portugal yang memenangkan laga pertamanya bertanding melawan Jerman satu jam kemudian. Hungaria kini menduduki peringkat ketiga grup ini setelah mengemas satu poin.

Tuan rumah mendapat pukulan hebat ketika kapten dan pencipta gol mereka yang paling berpengalaman, Adam Szalai, digantikan pada menit ke-26 menyusul masalah pada kepalanya.

Sang striker terlihat limbung namun masih bisa berjalan, dan kemudian menuju lorong stadion.

Tetapi didukung oleh 60.000 penggemarnya yang menyesaki Puskas Arena, Hungaria tetap tampil bersemangat dan bahkan kemudian unggulan pada masa injuri babak pertama.

Attila Fiola bermain satu dua dengan Roland Sallai sebelum sang bek sayap merangsek ke kotak penalti Prancis untuk kemudian menaklukkan penjaga gawang Hugo Lloris lewat tendangan menyusur yang menyasar tiang dekat gawang Lloris.

Prancias menyamakan kedudukan pada menit ke-66 manakala Kylian Mbappe mengelabui barisan pertahanan Hungaria untuk menyambut umpan jarak jauh dari Lloris. Tendangannya memang bisa dimentahkan oleh penjaga gawang Peter Gulacsi, namun bola muntah mendekati Griezmann yang berlari menyambut untuk dia lesakkan ke sebelah kanan Gulacsi.

Gulacsi kembali tampil cemerlang mementahkan sejumlah peluang emas Prancis dalam pertandingan ini. Prancis juga hampir menciptakan gol pada satu jam pertama laga setelah tendangan pemain pengganti Ousmane Dembele membentur tiang gawang.

Prancis mengurung Hungaria sepanjang pertandingan dengan menguasai 61 persen distribusi bola dengan melepaskan 672 umpan melawan 347 yang dilepaskan Hungaria.

Namun Prancis lebih efisien dalam bermanuver, 99,5 km melawan 106,5 km yang dilakukan Hungaria.

Prancis juga melepaskan 15 percobaan gol yang 1 di antaranya tepat sasaran, sedangkan Hungaria hanya melepaskan sepertiganya 5 percobaan yang 1 di antaranya tepat sasaran.


Susunan pemain kedua tim

Hungaria:
Peter Gulacsi, Willi Orban, Attila Szalai, Endre Botka, Andras Schafer (Tamas Cseri), Laszlo Kleinheisler (Gergo Lovrencsics), Adam Nagy, Attila Fiola, Loic Nego, Adam Szalai (Nemanja Nikolic), Roland Sallai

Prancis: Hugo Lloris, Presnel Kimpembe, Raphael Varane, Lucas Digne, Benjamin Pavard, N'Golo Kante, Adrien Rabiot (Ousmane Dembele, Thomas Lemar), Paul Pogba (Corentin Tolisso), Karim Benzema (Olivier Giroud), Kylian Mbappe, Antoine Griezmann