UIN Datokarama optimalkan pembinaan akhlak mahasiswa baru 2021

id UIN Palu,Mahasiswa Baru,UIN Datokarama Palu,Abdul Wahab,Matrikulasi

UIN Datokarama optimalkan pembinaan akhlak mahasiswa baru 2021

Kabag Akademik UIN Datokarama Palu H Abdul Wahab MPd.I memberikan arahan kepada mahasiswa baru (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, mengoptimalkan pembinaan akhlak, karakter dan mental mahasiswa baru tahun 2021 untuk mewujudkan manusia unggul secara intelektual dan kepribadian.

"Pembinaan akhlak ini menjadi satu proses pembinaan yang sangat penting dilakukan, agar terbentuk kepribadian yang baik," ucap Kepala Bagian Akademik UIN Datokarama Palu Abdul Wahab di Palu, Kamis.

Baca juga: IAIN Palu dukung Gubernur tingkatkan pendidikan vokasi

Abdul Wahab mengatakan pembinaan akhlak mahasiswa baru, dilakukan oleh UIN Datokarama Palu melalui matrikulasi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru tahun 2021.

Matrikulasi, kata Wahab, menjadi salah satu pintu masuk pembinaan terhadap mahasiswa baru, sebelum mahasiswa mengikuti perkuliahan.

Terdapat 1.600 mahasiswa baru yang mengikuti matrikulasi dengan salah satu materinya yakni mengenai pembinaan mental dan karakter, serta akhlak.

"Sebagai mahasiswa Universitas Islam Negeri, maka mahasiswa harus memiliki kepribadian yang baik, harus memiliki karakter yang baik, baik itu di dalam lingkungan kampus maupun di luar lingkungan kampus," ujarnya.

Baca juga: IAIN Palu dorong mahasiswa tingkatkan kegiatan akademik

Pembinaan akhlak, kata dia, diikutkan dengan pengenalan kode etik mahasiswa, yang setiap mahasiswa wajib untuk menjunjung tinggi dan menerapkan kode etik tersebut.

Selain itu, ia menguraikan, 1.600 mahasiswa baru, juga akan diberikan pembobotan tentang pedoman akademik, untuk menunjang kegiatan akademik dalam lingkungan kampus yang diikuti oleh mahasiswa.

"Pedoman akademik dan pembelajaran, ini menjadi hal penting yang harus dipahami mahasiswa baru, agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi dengan baik," sebutnya.

UIN Datokarama Palu, kata dia, juga mengenalkan kepada mahasiswa baru mengenai strategi peningkatan mutu akademik, pelayanan perpustakaan dan sistem informasi akademik.