Gorontalo luncurkan aplikasi desa digital Halo Hutadaa

id desa digital,kabupaten gorontalo,desa hutadaa,nelson pomalingo

Gorontalo luncurkan aplikasi desa digital Halo Hutadaa

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. ANTARA/Adiwinata Solihin

Gorontalo (ANTARA) - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo meluncurkan Halo Hutadaa, aplikasi digital yang terintegrasi dalam program kota pintar (smart city), di Desa Hutadaa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Nelson Pomalingo di Gorontalo, Selasa, mengatakan pembangunan sistem digitalisasi merupakan upaya kemandirian dalam pengelolaan data dan informasi. Ia menjelaskan pengelolaan data yang profesional akan memudahkan Pemerintah dalam menyediakan layanan kepada masyarakat.

"Digitalisasi ini adalah pembangunan kemandirian kita, salah satu visi-misi kitakan sudah jelas yaitu Gemilang Mandiri, salah satu mandiri itu sistem dan yang dibangun adalah digitalisasi," kata Bupati Nelson.

Ia menjelaskan jika kemandirian itu dimulai dari desa, ketika desa kuat, smart, maka kecamatan dan kabupaten akan kuat.

Nelson pun meminta Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo untuk menyampaikan inovasi-inovasi kota pintar sehingga dapat diprogramkan oleh desa lain.

Sementara itu, Kepala Desa Hutadaa Wowiling mengatakan, Halo Hutadaa menjadi sistem digital andalan Pemerintah Desa Hutadaa yang menyajikan semua data kondisi desa.

Ia menjelaskan, pembuatan Halo Hutadaa secara utuh didukung Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo. "Pemerintah Desa menyediakan infrastruktur pendukung," jelas Wowiling.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo Haris Tome, mengatakan dalam pembangunan aplikasi Desa Smart, Dinas Kominfo didukung oleh para relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Provinsi Gorontalo.