Round Up: Semarak Idulfitri 1443 Hijriah penuh kebersamaan

id Round Up,Idul Fitri 1443 H

Round Up: Semarak Idulfitri 1443 Hijriah penuh kebersamaan

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) menunaikan salat Id di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/am.

Jakarta (ANTARA) - Makna Lebaran tahun ini adalah kebangkitan, demikian Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memaknai Idulfitri 1443 Hijriah usai melakukan salat Id di Masjid At-Thohir, Cimanggis Depok, Jawa Barat.

Idulfitri 1443 Hijriah telah menjadi momen yang paling dinanti-nanti oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Setelah 2 tahun mengalami pembatasan untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul dengan kerabat akibat pandemi COVID-19, akhirnya pada Lebaran 2022 masyarakat Indonesia dapat melepas rindu.

Meskipun pandemi COVID-19 belum benar-benar usai, kebijakan pemerintah untuk memberi kesempatan bagi para perantau kembali ke daerah masing-masing seolah menjadi signal bahwa Indonesia telah selangkah lebih dekat menuju kemenangan melawan virus korona.

Aktivitas Lebaran yang telah dirindukan selama dua tahun pun kembali muncul ke permukaan, seperti salat Idulfitri secara berjemaah, bercengkerama dengan keluarga, hingga halalbihalal dengan kerabat terdekat.






Salat Id Berjamaah

Berlokasi di halaman Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, salat Id diselenggarakan secara terbatas dan diikuti oleh Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Negara Indonesia Iriana Joko Widodo, perangkat kepresidenan, Pasukan Pengamanan Presiden, keluarga pegawai Istana Yogyakarta, serta warga dalam jumlah terbatas.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana sekitar pukul 06.28 WIB tampak keluar dari Gedung Agung menuju halaman depan, ditemani putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep.

Presiden menempati saf terdepan, sedangkan Ibu Iriana beranjak ke tempat yang telah ditentukan bagi jemaah perempuan di sisi kiri.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama D.I. Yogyakarta Masmin Afif bertindak sebagai imam sekaligus khatib dalam salat Id yang dimulai tepat pukul 06.35 WIB.

Bertindak sebagai bilal rangkaian salat Id di halaman Gedung Agung adalah Abdul Rosyid, pengurus Masjid Darussalam Istana Yogyakarta.

Selepas salat, Masmin Afif menyampaikan khotbah bertema "Solidaritas Sosial di Masa Pandemi".

Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya agar kegembiraan Lebaran 2022 jangan sampai mengurangi kewaspadaan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Merayakan kemenangan seusai sebulan berpuasa kian berarti karena tahun ini kita boleh mudik dan berlebaran bersama keluarga dan handai tolan di kampung halaman," demikian cuit Presiden dalam akun Twitter resminya, @jokowi, Senin (2/5).

Terbentang jarak yang cukup jauh, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin bersama Ibu Wury Ma’ruf Amin melaksanakan salat Id di Masjid Istiqlal Jakarta.

Momen ini adalah kali pertama bagi masjid terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini untuk kembali beroperasi menjadi lokasi salat Id sejak pandemi COVID-19 pertama mewabah di Indonesia.

Salat Id dimulai pukul 07.00 WIB dipimpin oleh Hasanuddin Sinaga sebagai imam dan khotib Ketua Umum Baznas Noor Achmad yang membawakan tema "Semangat Kerukunan Berbangsa dan Bernegara".

Sebelum salat dimulai, Wapres sempat mengumandangkan takbir selama sekitar 10 menit.

"Dibutuhkan islah antara kelompok agama satu yang lain. Idulfitri harus membawa fitrah ciptaan yang sama, ciptaan Allah Swt. Manusia itu umat yang satu," kata Noor Achmad di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin.

Wapres yang mengenakan sarung hitam, jas hitam, kopiah hitam, serta syal putih mengambil tempat di baris paling depan di samping Imam Bear Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Bersama Wapres Ma'ruf dan keluarga, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, para duta besar negara sahabat, serta pimpinan lembaga tinggi negara.

Pada tahun ini, Masjid Istiqlal membolehkan 150.000 orang atau sekitar 75 persen dari total kapasitas 250.000 orang untuk melaksanakan salat Id. Jemaah melaksanakan salat hingga lantai 4 Masjid Istiqlal.

Jemaah yang mengikuti salat di Masjid Istiqlal Jakarta telah berdatangan sejak pukul 04.00 WIB, bahkan sempat terjadi antrean karena mereka harus melewati pemeriksaan oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

Sejumlah tokoh pemerintahan lainnya juga melakukan salat berjemaah, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang melaksanakan salat di Masjid Nurul Wathon, Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Jawa Barat, Ketua DPR RI Puan Maharani yang melaksanakan salat di Rumah Dinas Ketua DPR RI, Jakarta, bersama keluarga dan para staf, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengikuti salat berjemaah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.




Kebersamaan dan Toleransi

Perjalanan jauh yang mengharuskan sebagian besar masyarakat Indonesia untuk menghadapi kemacetan dengan sabar dan tabah akhirnya berbuah manis. Kebersamaan dengan keluarga dan berbagi kisah setelah 2 tahun tidak berjumpa telah menjadi momen yang dinanti-nanti.

Kehangatan Lebaran tidak akan lengkap tanpa halalbihalal bersama kerabat terdekat.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga melakukan halalbihalal. Mereka bersilaturahmi ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta sekitar pukul 09.00 WIB. Kedatangan Presiden disambut oleh tiga putri Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, yakni Gusti Kanjeng Ratu (G.K.R.) Mangkubumi, G.K.R. Condrokirono, dan G.K.R. Hayu.

Selain itu, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga membuktikan bahwa jarak yang terbentang tidak menjadi penghadang bagi mereka untuk melakukan halalbihalal.

Meski Presiden berada di Yogyakarta dan Wakil Presiden berada di Jakarta, mereka tetap melakukan halalbihalal melalui panggilan video.

"Assalamualaikum, Pak Wapres, kami menghaturkan selamat Hari Raya Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin, saya dan Bu Iriana," kata Jokowi di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin.

"Ya, sama-sama, Pak Presiden, kami mengucapkan minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin," ucap Amin.

Mewarnai indahnya semarak Idulfitri, aksi yang penuh akan toleransi di tengah keberagaman dilakukan oleh Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Kota Ternate, Maluku Utara, bersama pelajar SMP Katolik setempat untuk membagikan koran gratis kepada jemaah sebagai alas untuk melakukan salat Id di Lapangan Gelora Kieraha Ternate, Maluku Utara.

Ketua AMGPM Kigen Lokulalan mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun tali silaturahmi dan memupuk rasa persaudaraan antarumat beragama di Kota Ternate.

"Apa yang dilakukan ini bisa memupuk rasa persaudaraan dan toleransi antarumat beragama dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Di sisi lain, Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Rika Aprianti menyebutkan sebanyak 675 narapidana bisa berlebaran bersama keluarga usai mendapat Remisi Khusus (RK) II atau langsung bebas, dan 138.557 narapidana mendapat RK I atau pengurangan sebagian. Totalnya sebanyak 139.232 narapidana mendapat RK Idulfitri 1443 Hijriah.

"Pemberian remisi Idulfitri diharapkan dapat dijadikan sebagai renungan dan motivasi untuk selalu introspeksi diri dan terus berusaha menjadi manusia yang lebih baik. Pencapaian hari ini membuktikan mereka mampu mengubah diri menjadi manusia yang lebih baik," kata Rika.

Inilah momentum kebangkitan Indonesia di tengah pandemi COVID-19, melawan intoleransi dengan kebersamaan dan rasa persaudaraan. Seluruh rangkaian perayaan Idulfitri 1443 Hijriah telah berlangsung dengan aman, damai, dan tertib.