Round Up hari ke-48 kampanye, paslon kunjungi ulama hingga gereja

id Round up hari ke 48 kampanye,Masa kampanye,Anies Cak Imin,Prabowo Gibran,Ganjar Mahfud,Pemilu 2024,Pilpres 2024

Round Up hari ke-48 kampanye, paslon kunjungi ulama hingga gereja

Pemilu serentak 2024. Foto ilustrasi ANTARA.

Jakarta (ANTARA) - Kampanye Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada hari ke-48, Minggu (14/1), dimanfaatkan oleh ketiga pasangan calon untuk menyuarakan visi dan misi kepada masyarakat di wilayah Indonesia barat.

Pasangan calon nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berkampanye di Lampung dan Jawa Timur.

Kemudian, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto berkampanye ke Bandung, Jawa Barat; sementara cawapres Gibran Rakabuming Raka berkampanye di Jakarta.

Usai dari Bandung, Prabowo dijadwalkan kembali ke Jakarta untuk menghadiri acara Pengukuhan Penjahit Indonesia Raya yang diselenggarakan di depan kediamannya, di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta.

Sementara itu, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo memilih berkampanye di Jakarta dan Jawa Tengah; sedangkan cawapres Mahfud MD ke Medan.

Kendati demikian, pada malam hari, Ganjar menuju Kabupaten Bogor untuk menghadiri acara "Capres Api Unggun" dengan Tim Pemenangan Nasional (TPN) di MNC Lido City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan pemungutan suara dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

Berikut rangkuman kegiatan ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari ke-48 kampanye:

Anies-Muhaimin

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menghadiri acara mengenang tokoh yang telah meninggal (haul akbar) Kiai Haji Abdul Chalim dan K.H. Maksum di Lampung. Kedua ulama tersebut merupakan tokoh yang telah mengabdikan hidupnya untuk kemajuan bangsa.

Anies juga menanggapi isu ancaman terhadap dirinya. Dia mempersilakan siapa saja mengutarakan pendapat tetapi jangan sampai mengancam keselamatan seseorang.

Ia mengapresiasi kinerja pihak kepolisian yang telah bergerak dan bertindak dengan cepat dalam mengusut tuntas permasalahan ini.

"Saya sangat apresiasi sikap dan langkah kepolisian yang bergerak cepat," kata dia.

Di Lampung Timur, Anies berjanji membangun jalan non-tol di daerah Lampung guna mengatasi jalan-jalan yang rusak, bahkan hancur. Selain itu, Anies menyampaikan strategi utama yang diambil pihaknya untuk mengatasi kelangkaan pupuk yakni memprioritaskan kebutuhan domestik di atas permintaan ekspor.

Anies sempat dihadiahi seragam Survey Corps atau salah satu divisi militer penjelajah fiksional pada serial anime asal Jepang yakni Attack On Titan, saat kunjungan kampanye ke Lampung Selatan, Lampung.

Di sana, dia menekankan lima poin yang harus diingat oleh para relawan yang menjadi saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Muhaimin (AMIN) saat hari pencoblosan dalam Pilpres 2024.

Kendati Demikian, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu membatalkan jadwal pertemuan dengan raja-raja Maluku untuk mengantisipasi kemungkinan pelanggaran kampanye.

Sementara itu, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) berjanji akan memberikan tanah negara untuk digunakan oleh petani supaya lebih sejahtera.

"Karena itu nanti kalau AMIN menang, negara harus memberikan tanah-tanahnya untuk digunakan rakyat dalam bertani dan menjadikan produktivitas menjadi lebih baik," kata Muhaimin dalam acara Slepet Imin di Probolinggo, Jawa Timur, Minggu.

Ia mengatakan Indonesia memerlukan pembangkit listrik selain yang dihasilkan dari tenaga uap. Sebab, PLTU yang menggunakan batu bara memiliki dua kelemahan, yakni bahan baku dan penggunaannya.

Cak Imin juga meminta Polisi bertindak tegas dan netral dalam menangani kasus pemuda yang mengancam akan menembak kepala Anis Baswedan beberapa waktu lalu di media sosial.

Prabowo-Gibran

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menghadiri acara deklarasi Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) untuk pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Prabowo mengatakan kaum pekerja merupakan pahlawan bagi bangsa dan negara. Apalagi para pekerja tersebut bisa bekerja dengan gigih demi keluarga, anak, dan istrinya.

"Saya hormat sama para pekeja, petani, nelayan, semua orang yang bekerja dengan halal, dengan tenaga yang kuat. Ada tukang becak, buruh pelabuhan, pemulung, tukang sapu, tukang baso, tukang cendol, semuanya bekerja," ujar Prabowo dalam sambutannya.

Adapun Prabowo-Gibran batal menghadiri acara Pengukuhan Penjahit Indonesia Raya yang diselenggarakan di depan kediamannya, di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta.

Sementara itu, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa dirinya mendukung anak-anak muda yang peduli di bidang olahraga daring atau e-sport serta yang berkecimpung di ranah ekonomi kreatif.

“Kita dukung terus anak-anak muda yang kreatif, anak-anak muda yang concern (peduli, red.) di masalah e-sport, ekonomi kreatif, dan lain-lain, selamat bertanding,” kata Gibran di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Minggu.

Menurut Gibran, keberlangsungan e-sport harus didukung oleh pemerintah karena olahraga kontemporer tersebut telah menjadi salah satu cabang olahraga resmi di dunia.

Pada kesempatan tersebut, Gibran juga berakting menjadi karakter hero gim daring dengan mengangkat pedang di hadapan para peserta. Ia melayangkan pedang itu di samping kepalanya.

Lebih lanjut, calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto itu turut meresmikan aplikasi Bergerak 1912, sebuah program monitoring terhadap pergerakan aksi relawan dari tingkat kota/kabupaten hingga ke tempat pemungutan suara (TPS) yang digawangi relawan muda Prabowo-Gibran.

Selain itu, Gibran buka suara terkait adanya dugaan pelanggaran keterlibatan kepala desa (kades) saat safari politiknya ke Ambon, Maluku. Ia pun menyerahkan kasus itu untuk didalami oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Ganjar-Mahfud

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengawali kampanye, Minggu, dengan lari pagi sepanjang 7,77 Km di ajang Penguin Sliwerun bersama istri Siti Atikoh Suprianti dan Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud Sandiaga Uno.

Menurutnya, ajang Sliwerun merupakan gagasan anak-anak muda kreatif untuk mengkomunikasikan makna penguin yang diusung Ganjar-Mahfud menuju pesta demokrasi 2024 pada 14 Februari mendatang.

Ia mengaku bergembira karena ada bazar dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang pertanian. "Saya senang karena ada partisipasi dari (UMKM), ketahanan pangan dan hilirisasi dari petani-petani muda," tutur Ganjar.

Ganjar mendorong pelaku UMKM untuk terus mengoptimalkan potensi yang ada sehingga bisa menjadi nilai tambah, baik untuk ketahanan pangan maupun untuk UMKM itu sendiri.

Kemudian, Ganjar mengaku bakal memberikan bantuan, ruang, dan fasilitas untuk masyarakat saat berkunjung ke Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Langkah ini bertujuan mendorong inovasi dan kreasi masyarakat.

Setelah dari Karawang, Ganjar menyempatkan diri ke Istora Senayan untuk memberikan semangat kepada sang anak Alam Ganjar yang mengikuti laga persahabatan badminton 'Merah Meriah. Di sana banyak dihadiri elite PDI Perjuangan, seperti Puan Maharani hingga Hasto Kristiyanto.

Ia pun kemudian bertolak menghadiri acara Rise Generasi Perintis di Pos Bloc, Jakarta. Di sana, Ganjar mendorong kasus pembangunan tambang batu andesit di Wadas dan pabrik semen Rembang di Jawa Tengah dibahas dalam debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu, 21 Januari 2024.

Sebab, dua proyek pembangunan itu kerap menjadi permasalahan yang digunakan untuk kritik kinerjanya selama menjadi gubernur Jawa Tengah selama 2013-2023. Oleh sebab itu, debat keempat nanti bisa dijadikan ajang klarifikasi.

Ganjar juga berkomitmen menuntaskan masalah perumahan bagi anak-anak muda atau generasi milenial dan Gen Z. Terakhir, dia menyatakan bahwa Presiden Jokowi merupakan sahabat selamanya.

Sementara itu, cawapres nomor urut 3 Mahfud MD didoakan agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi kehidupan masyarakat saat berkunjung dan bersilaturahim di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Selecta, Kota Medan, Sumatera Utara.

Saat menyampaikan pesan kebangsaan ke jemaat GBI Selecta, Mahfud mengatakan bahwa masyarakat bukan hanya sekedar fisik bangsa, tapi juga ide dan gagasan yang menyatu di dalamnya.

"Indonesia itu punya notions (gagasan) tentang kebersatuan di dalam perbedaan, yaitu kita tidak bermusuhan karena perbedaan entah suku, agama, ras. Dan itu sudah dirancang sudah lama oleh pendiri negara kita berdasar penghayatan hidup bangsa selama berabad-abad," tuturnya.

Setelah bersilaturahim di GBI Selecta, Mahfud melanjutkan perjalanan untuk menghadiri acara diskusi publik dengan tema "Refleksi Konflik Agraria Di Sumatera Utara" di perkampungan pemuda HKBP Jetun Silangit di Tapanuli Utara.

Mahfud juga dijadwalkan untuk menghadiri acara dengan Pimpinan HKBP di perkampungan pemuda HKBP Jetun Silangit.

Usai itu, Mahfud akan kembali ke Kota Medan menghadiri acara "Tabrak Prof!". Di sana, dia menegaskan untuk terus mengupayakan untuk mewujudkan pengesahan Undang-undang Perampasan Aset dalam rangka memberantas korupsi di Tanah Air.

Tak hanya itu, Mahfud meminta masyarakat, khususnya generasi Z dan milenial untuk tidak melakukan pinjaman online (pinjol) karena dapat menjerat. Dia juga tidak mempersoalkan isu Wadas diangkat dalam debat keempat Pilpres 2024.