Ada 11 titik panas di tiga kabupaten Kaltim

id BMKG Balikpapan, titik panas, hot spot

Ada 11 titik panas di tiga kabupaten Kaltim

Informasi sebaran titik panas yang dirilis BMKG Balikpapan, Jumat (17/6) (Ist/ HO BMKG Balikpapan)

Balikpapan (ANTARA) - Pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kota Balikpapan pada Jumat (17/6) mulai pukul 01.00 hingga 17.00 WITA mendeteksi adanya 11 titik panas (hot spot) pada tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Sabtu menyebut sebaran 11 hot spot antara lain di Kota Samarinda terdapat 1 hot spot, Kabupaten Kutai Kartanegara 3 hot spot, dan  Kabupaten Kutai Timur terdapat 7 hot spot.

Satu hot spot Di Kota Samarinda berada di Kecamatan Samarinda Utara dengan tingkat kepercayaa menengah, pada titik koordinat 117.2594 bujur dan -0.4474 lintang. Sementara tiga hot spot di Kabupaten Kutai Kartanegara terdeteksi di Kecamatan Loa Janan 2 titik panas dan Kecamatan Loa Kulu 1 titik, yang ketiganya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Sedangkan 7 titik panas di Kabupaten Kutai Timur tersebar di Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Kaubun masing-masing terdapat tiga hot spot, dan Kecamatan Bengalon satu hot spot, yang ketujuh titik panas ini memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Ke-11 hot spot yang terpantau hari berada di titik koordinat yang berbeda dengan hot spot yang terpantau sebelumnya, meski berada di kecamatan yang sama," kata Iwan.

Ia menambahkan bahwa sebaran 11 hot spot tersebut langsung diinformasikan ke pihak terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik Provinsi Kaltim maupun kabupaten/kota setempat, guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi pada Sabtu.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang adalah di Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Kemudian Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.

Lalu Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.