Bupati Sigi minta camat-kades siaga hadapi bencana

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Bencana Sigi,Banjir Sigi,PRB Sigi

Bupati Sigi minta camat-kades siaga hadapi bencana

Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan keterangan kepada awak media di Sigi (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Mohamad Irwan meminta camat dan kepala desa (kades) di daerah itu agar siaga menghadapi ancaman bencana banjir bandang dan tanah longsor, serta puting beliung, di musim penghujan. 

"Para camat dan kepala desa agar melakukan langkah - langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana alam," kata Bupati Sigi Irwan, di Sigi, Selasa.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengeluarkan edaran nomor 360/14114/Setda tentang antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca esktrem. Edaran ini dikeluarkan 1 Agustus 2022 yang ditujukan kepada camat dan kepala desa se-Kabupaten Sigi.

Dalam rangka menghadapi dan antisipasi serta membangun kesiapsiagaan sehubungam dengan potensi cuaca esktrem, kata dia, camat dan kepala desa agar melakukan langkah - langkah kesiapsiagaan dan kewaspadaan warga terhadap potensi terjadinya bencana alam.

Bupati Sigi meminta camat dan kepala desa agar berkoordinasi dengan BPBD, TNI dan Polri, Dinas Kesehatan, Dinas PU, Dinas Sosial, dan Satpol-PP, serta berbagai pihak terkait lain untuk mendapatkan informasi peringatan dini tentang bencana dan menginformasikan kepada masyarakat.

"Terutama kepada desa yang memiliki kerentanan yang sangat tinggi terhadap bencana alam," ucap Irwan.

Bupati juga meminta camat dan kepala desa agar menyiapkan jalur dan tempat evakuasi atau titik kumpul bila terjadi bencana alam, untuk mengurangi dampak bencana.

Bupati juga meminta camat dan kepala desa agar mengimbau warga menyiapkan tas siaga bencana yang berisikan dokumen penting, selimut jas hujan, peralatan ibadah, peralatan mandi, P3K, masker, alat penerangan dan alat komunikasi.

"Semua ini demi kebaikan kita bersama, untuk mengurangi risiko bencana," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemkab Sigi terus berupaya melakukan langkah-langkah penanganan pengurangan risiko bencana dengan melibatkan Pemerintah Provinsi Sulteng dan pemerintah pusat, serta pihak terkait lain.
Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi meninjau sungai yang mengalami pendangkalan dan kerusakan DAS di wilayah Kecamatan Palolo, Senin (1/8/2022) (ANTARA/HO-Media Center Samuel Pongi)


 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022